Bersihin Karburator Pakai Pembersih Karburator Ternyata Bisa Bahaya!

Bersihin Karburator Pakai Pembersih Karburator Ternyata Bisa Bahaya!

18May
INTERSPORT.ID ON 18 May 2017
INTERSPORT.ID ON 18 May 2017

Karena berfungsi untuk mencampur bensin dan udara untuk dimasukkan ke ruang bakar, karburator harus selalu dijaga kebersihannya. Soalnya kalau ada bagian karburator yang kotor atau tersumbat, maka aliran bahan bakar dan udara bakal terganggu. Dampaknya, tenaga mobil bisa banyak berkurang dan nggak kuat untuk digeber di RPM tinggi.

Kalau udah begini, karburator mobil lo pastinya harus dibersihin pakai pembersih karburator. Karena dianggap lebih praktis, menyemprotkan pembersih karburator ke saluran udara masuk tanpa membongkar karburator, sering dilakukan banyak orang. Padahal, cara ini justru bisa ngerusak mesin.

Alasannya karena menyemprotkan pembersih karburator dari luar, justru malah bikin kotoran masuk ke dalam karburator dan ruang bakar. Alhasil, kotoran jadi nempel di ruang bakar dan menggores dinding silinder. Ujung-ujungnya, ruang bakar pun bisa jadi korbannya.

Untuk itu, jangan males bongkar deh kalau mau bersihin karburator. Emang sih cara ini ribet dan lumayan mahal ongkosnya. Tapi karena komponennya dibersihin satu-satu, karburator lo pasti bisa lebih maksimal bersihnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN