Berapa Lama Durasi Mengemudi Mobil yang Aman?

Berapa Lama Durasi Mengemudi Mobil yang Aman?

30Dec
INTERSPORT.ID ON 30 December 2017
INTERSPORT.ID ON 30 Dec 2017

Sama seperti libur panjang lainnya, libur akhir tahun biasanya sering dimanfaatkan banyak orang untuk bepergian ke luar kota. Entah untuk menjenguk sanak saudara di kampung halaman, ataupun sekadar menikmati waktu liburan di tempat wisata bersama orang-orang terdekat.

Nah, jika kamu juga berencana untuk bepergian jarak jauh dengan mengendarai mobil, sebaiknya persiapkan segalanya dengan baik. Selain memeriksa seluruh bagian mobil guna memastikan keamanannya, jangan lupa juga untuk mempersiapkan kondisi fisik supaya kamu tetap prima saat mengemudi nanti.

Namun jika tempat yang kamu tuju membutuhkan waktu tempuh hingga berjam-jam, disarankan untuk mengemudi bergantian atau beristirahat setiap empat jam. Sebab menurut Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), durasi mengemudi mobil yang aman adalah tidak lebih dari empat jam.

Meski begitu, durasi tersebut bisa disesuaikan dengan usia si pengemudi.

"Lamanya mengemudi itu tergantung usia, tetapi merujuk pada peraturan internasional maksimal mengemudi itu empat jam. Tetapi kembali lagi kalau usianya 30 ke atas itu kasih toleransi kalau memang sudah capai, dua jam istirahat. Tidur 30 menit atau 40 menit itu berkualitas," kata Soni seperti dilansir dari Okezone.

Agar lebih aman, berikut tips aman mengemudi jarak jauh yang bisa kamu terapkan sebelum berkendara.

 

Baca juga:

Pengen Selamat Nyetir Di Jalan? Ketahui Dulu Jarak Aman Tiap Kendaraan Berikut Ini

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN