Berapa Banyak Sih Kendaraan yang Mudik? Angkanya Ngilu!
11
Jun
0 Comment Share Likes 208 View

Mudik menjadi salah satu tradisi yang sangat kental bagi masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, mudik kerap dilakukan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri untuk menuju kampung halaman. Biasanya, jutaan orang turut melakukan perjalanan mudik ke berbagai kota yang ada di Indonesia.

Banyak dari mereka yang melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum dan juga kendaraan pribadi. Tapi tau nggak sih kalian jika kendaraan pribadi yang digunakan buat mudik ini jumlahnya banyak banget? Bahkan, saking banyaknya angka para pemudik ini malah bikin ngilu, bro!



Beberapa hari setelah Lebaran, Jasa Marga mencatat sebanyak 720 Ribu kendaraan kembali ke Jakarta. Sebagian ada yang melewati arah timur, barat dan selatan selama H+1 s.d H+3 Lebaran 2019 atau pada hari Jumat-Minggu (7-9 Juni 2019) kemarin.

"Angka ini naik sebesar 67,38% dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 429.944 kendaraan," kata Irra Susiyanti Corporate Communication Department Head Jasa Marga di Jakarta, Senin (10/6) kemarin dalam siaran resminya.



Menurut Irra, selama dua hari arus balik, kendaraan yang melewati jalur utama telah memenuhi 59 persen dari total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 s/d H-7 arus balik Lebaran 2019. "Sehingga terdapat sisa 41 persen atau sebanyak 497 Ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan," tambahnya.

Sementara itu, untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 62 persen dari arah Timur, 22 persen dari arah Barat dan 16 persen dari arah Selatan. "Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda," tutupnya.



Kalau dihitung dengan seksama, angka ini sanggup membuat kamu ngilu saat melihat jumlah kendaraan sebanyak itu melintasi jalur utama. Sekarang udah kebayang dong kenapa kota Jakarta itu selalu macet parah setiap harinya? Karena jutaan mobil dan sepeda motor keluar setiap harinya untuk digunakan beraktifitas. Nah, daripada kena macet nggak jelas yuk gunakan transportasi umum biar nggak makin macet.

SAMPAIKAN KOMENTAR