Begini Mewahnya 'Berlian', Rolls-Royce Cullinan
15
May
1 Comment Share Likes 543 View

Pria Intersport! Pabrikan otomotif asal Inggris, Rolls-Royce akhirnya secara resmi memperkenalkan SUV pertama mereka yaitu Cullinan.

Agak unik memang namanya bro! Dimana Cullinan merupakan nama dari sebuah berlian terbesar yang ditemukan Afrika pada tahun 1900-an. Dengan harapan mobil berbadan bongsor ini dapat berkilau seperti berlian.

Rolls-Royce Cullinan menyandang gelar sebagai SUV termewah di dunia. Namun, Rolls- Royce menganggap bahwa Cullinan mobil mewah berbodi tinggi untuk segala permukaan jalan.

Tidak serta merta menyebutnya sebagai SUV, karena memang bukan keahlian pabrikan Britania Raya ini. Kemewahannya tetap berpatokan pada model RR lain seperti Phantom dan Ghost.

Desain Cullinan tipikal SUV pada umumnya, menariknya mobil ini memiliki bangku hingga tiga baris. Dimana pada baris ketiga dapat terlipat secara elektrik. Saat kursi terbuka, masih tersedia ruang kargo 560 liter. Bila dilipat, meningkat jadi 1.930 liter.

Pada bangku baris kedua, ditawarkan dalam dua konfigurasi berbeda. Layout Lounge Seat memberi ruang untuk penumpang ketiga dengan menyisakan satu kursi yang dapat terlipat bila tidak dibutuhkan.

Konfigurasi Individual Seat lebih menawarkan kemewahan personal dengan dua kursi terpisah. Ditengahi konsol besar yang terdapat cabinet untuk menaruh gelas, botol whisky serta kulkas. Serta monitor layar sentuh dan panel instrumen digital generasi terbaru. Sistem hiburan dapat diatur melalui kenop putar yang dikenal sebagai Spirit of Ecstasy.

Kemudian pada baris depan, jok pengemudinya juga luar biasa mewah, meski lebih diperuntukkan untuk chauffeur Anda. Ada fitur pemanas dan ventilasi untuk memastikan pengemudi duduk dalam kondisi paling sempurna. Layout dasbor sesuai karakter RR dengan banyak pilihan kustomisasi. Luar biasa bukan?

Cullinan memiliki platform baru yang disebut Architecture of Luxury, yang juga dipakai oleh Phantom generasi terbaru. Rancangan konstruksi suspensi dan mesin punya satu tujuan, menciptakan kualitas berkendara seperti karpet terbang di segala permukaan jalan.

Hal tersebut dengan dipasangnya self-levelling air suspension yang merupakan pengembangan terbaru pabrikan ini. Mempunyai jutaan kalkulasi untuk beradaptasi setiap detik terhadap permukaan jalan. Bantalan suspensi berisi udara lebih besar dan menampung lebih banyak udara. Lalu format sumbu roda depan juga didesain ulang, agar tetap nyaman meski memakai pelek berukuran 22-inci.

Sehingga membuat Cullinan dianggap sebagai SUV paling mutakhir di kelasnya saat ini. Masih penasaran Pria Intersport?

Mobil ini juga dilengkapi dengan perlengkapan standar sebuah kendaraan Rolls-Royce dengan menerapkan sistem night vision, empat kamera untuk menghasilkan pandangan panoramic, visibilitas segala penjuru dan helicopter view. Termasuk juga collision warning, cross-traffic warning, lane departure dan lane change warning, WiFi hotspot dan masih banyak yang lain. Tersedia 5 USB port untuk mengisi daya gadget, sedangkan untuk smartphone bisa melalui metode pengecasan nirkabel di kabin depan.

Engga sampai disitu aja bro! Di balik kap mesinnya, mobil ini menggendong mesin V12 biturbo 6,75-liter yang  mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 hp dan torsi mencapai 850 Nm.

Semuanya tersalur menuju ke empat roda. Dengan bobot mencapai 2,6 ton, Cullinan sanggup berlari 250 km/jam (dibatasi). Harga untuk pasar Amerika Serikat, mulai dari $325.000 atau setara Rp 4,5 miliar.

Walaupun sudah diperkenalkan, SUV paling mewah di dunia ini akan mulai dipasarkan pada tahun 2019 mendatang. Jadi, bagi Pria Intersport yang tertarik. Mohon bersabar hingga tahun depan ya bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR