Begini Caranya Modifikasi Mobil untuk Pemula
06
Apr
0 Comment Share Likes 402 View

Modifikasi sering kali dilakukan para pecinta mobil terhadap kendaraan kesayangannya. Baik itu tujuannya untuk mendapatkan performa yang lebih baik atau tampilan yang lebih baik sesuai dengan selera Anda. Cara membuat mobil tampak keren adalah dengan melakukan modifikasi, bisa eksterior, interior, hingga ruang mesin dan kolong mobil. Berikut ini ada beberapa panduan yang bisa Anda ikuti agar tidak salah langkah dalam memodifikasi atau merestorasi mobil kesayangan!

 

  1. Rencanakan dengan Matang

Hal yang paling penting untuk dilakukan pertama kali tentunya adalah perencanaan. Perencanaan yang baik bisa membuat eksekusinya juga menjadi baik, sehingga hasil akhirnya sudah pasti baik. Dengan membuat perencanaan, kita juga menjadi paham tujuan dan akan dibawa ke mana proyek modifikasi atau restorasi tersebut. Perencanaan yang dilakukan juga bukan hanya dari segi konsep, tapi yang tak kalah penting adalah perencanaan budget, bro. Hal ini dimaksudkan agar tidak overbudget alias melampaui budget yang sudah direncanakan. Tanpa konsep dan budget yang direncanakan, kepuasan modifikasi tidak akan terjamin. Jika hasil akhir tidak sesuai ekspektasi, tapi dana yang dikeluarkan sudah melewati budget, tentu Anda akan lebih menyesal dan tidak puas dengan hasil modifikasi yang dilakukan.

 

  1. Menentukan Tema Modifikasi

Ada baiknya Anda menentukan dahulu konsep yang akan diterapkan untuk mobil. Tema modifikasi sangat beragam, mulai dari klasik, unik, ekstrim, atau tema-tema lainnya. Pelajari tema modifikasi apa yang cocok dengan tipe mobil kesayangan Anda. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi atau banyak bertanya dengan para ahli atau orang-orang yang sudah berpengalaman. Dengan menentukan tema modifikasi, Anda juga bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan nantinya. Tentukan juga fungsi mobil setelah dimodifikasi, apakah mobil tersebut akan Anda gunakan sehari-hari atau diikutkan dalam kontes modifikasi.

 

  1. Daftar Komponen

Perencanaan biaya yang dilakukan sebelumnya tadi sangat diperlukan untuk mengurangi pembelian parts yang tidak sesuai dengan tema modifikasi yang diusung. Jika konsep atau tema dan budget sudah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah membuat daftar komponen yang akan digunakan. Hal ini untuk mengetahui apakah ada komponen yang sulit didapat. Jika ada komponen yang harus dicari di luar kota atau luar negeri, pertimbangkan waktu pengiriman agar proyek modifikasi tidak terhenti dalam waktu lama hanya karena menunggu kiriman komponen.

 

  1. Memilih Bengkel yang Handal dan Terpercaya

Konsep sudah keren, percuma jika eksekusinya gagal. Anda hanya membuang-buang waktu dan uang, tapi hasil akhirnya tidak memuaskan atau bahkan bisa mengecewakan. Untuk itu, cari bengkel yang tidak hanya handal, tapi juga terpercaya. Pilih bengkel yang punya reputasi yang baik di mata konsumen, agar modifikasi yang Anda lakukan bisa sesuai konsep dan juga sesuai budget. Untuk yang satu ini, mungkin Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu, banyak bertanya kepada orang.

 

  1. Bergabung dengan Komunitas Mobil

Hal ini juga penting untuk dilakukan, tujuannya adalah agar Anda bisa saling bertukar pikiran dan juga informasi. Anda bisa mendapat informasi seputar konsep modifikasi, tempat mencari komponen, hingga bengkel yang handal dan terpercaya.

 

  1. Memulai Modifikasi

Tentukan modifikasi akan dimulai dari mana, apakah bagian mesin, eksterior, interior, atau kaki-kaki. Perlu diperhatikan, jika itu satu-satunya mobil yang Anda miliki dan sering digunakan, sebaiknya lakukan modifikasi secara bertahap. Memang hasilnya akan lebih lama, tapi setidaknya tidak terlalu mengganggu aktivitas Anda. Ada baiknya untuk melakukan modifikasi dimulai dari bagian mesin. Jika mesin sudah sehat, baru lanjut ke bagian interior, setelah itu kaki-kaki. Baru yang terakhir ke bagian eksteriornya, bro. Ketahui juga proses modifikasi yang dilakukan. Hal ini perlu Anda perhatikan, sebab dengan mengetahui proses modifikasi Anda juga dapat menilai kinerja montir secara langsung. Bukan hanya itu saja, adanya hal ini dapat mempercepat pengerjaan modifikasi mobil yang sesuai dengan keinginan konsumennya. Tapi satu yang perlu Anda ketahui, usahakan untuk tidak membuat pengerjaan menjadi terburu-buru. Bersabarlah mengikuti prosesnya. Biasanya, karena tidak sabar ingin segera selesai dan mengendarai mobil tersebut, pemilik mobil yang melakukan modifikasi sering kali menekan para mekanik untuk bekerja dengan cepat. Pekerjaan yang dilakukan seccara terburu-buru bisa beresiko menghilangkan fokus pada saat bekerja, sehingga ada kemungkinan beberapa detail yang bisa terlewatkan.

SAMPAIKAN KOMENTAR