Beda Tali Winch, Berikut Cara Membersihkan Tali Nilon dan Baja
14
May
0 Comment Share Likes 152 View

Sebuah mobil yang kerap digunakan untuk kebutuhan offroad tentu memiliki sebuah aksesori pendukungnya. Salah satunya adalah sebuah aksesori yang terdapat di bemper depan atau bemper belakang. Ya aksesori tersebut adalah winch.

Hal ini tentunya dikarenakan pada setiap  mobil off road tersebut mempunyai atau memiliki piranti winch tersebut yang sangat dibutuhkan pada setiap mobil off road tersebut. 

Pada dasarnya ada beberapa jenis winch yang bisa menjadi pilihan bagi anda penggemar off road, sebut saja seperti winch elektrik hidrolik atau juga mekanik yang kita kenal seperti Power Take Off ( PTO ).

Dan pada umumnya, jenis winch elektrik ini lumayan disukai oleh offroader kerena lebih fleksibel dan juga intalasinya lebih mudah dan juga dalam hal penggunaanya. 

Selain itu, ditambah juga dengan jenis winch elektrik ini menyuguhkan  berbagai pilihan piranti pendukung dan juga aksesoris dengan berbagai jenis model, anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda. Lantas apa sih fungsi winch tersebut dalam mobil off road?

Apa Fungsi Winch Pada Mobil Off Road Tersebut?

Adapun winch ini merupakan suatu alat atau piranti yang wajib ada pada mobil adventure atau mobil off road milik anda. Hal ini dikarenakan  winch ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi off road anda yakni sebagai piranti untuk merecovery atau membantu menarik mobil off roda ketika tersangkut saat anda melakukan adventure di medan tertentu.  

Sehingga bagi anda pemiliki off road tersebut pastikan anda melakukan pengecekan dan perawatan terhadap piranti winch tersebut agar tak ada masalah yang  timbul pada saat anda menggunakannya. 

Ada Berapa Jenis Kabel Winch Pada Mobil Off Road Tersebut ?

Pada umumnya, terdapat dua jenis kabel yang dikenal di dalam kabel winch tersebut, yakni  kabel besi baja dan juga kabel nilon. Kedua jenis kabel ini tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing masing.  

Dan pastinya kabel yang terbuat dari baja tersebut lebih kuat dibandingkan dengan kabel nilon, namun memiliki bobot yang lebih berat sehingga beban pada mobil off road anda juga akan lebih berat tentunya.

Sementara itu, untuk bahan nilon tentunya bahan ini kekuatannya pastinya di bawah kabel bajal karena lebih mudah putus, namun untuk bobotnya sendiri pastinya lebih ringan dibanding jenis baja. Selain memiliki kelebihan dan kekurangan, kedua jenis kabel tersebut juga berbeda dalam hal cara pembersihannya.

Beda jenis, maka beda pula cara membersihknnya. Berikut adalah cara yang tepat untuk membersihkan kedua jenis kabel winch tersebut.

  • Kabel Jenis Nilon

Untuk  jenis nilon, pada umumnya membersihkan  nilon ini lebih mudah jika kita bandinkan dengan jenis baja. Caranya adalah dengan menjuntaikan seluruh tali dari dudukan penggulung tali, kemudian bersihkan secara mengurut dengan sikat halus dan baiknya menggunakan shampoo khusus mobil untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setelah anda merasa tali tersebut sudah bersih, maka anda bisa langsung merapikannya lagi dengan cara menggulungnya sama seperti poisisi awal, sehingga akan terlihat lebih rapih.

  • Kabel Jenis Baja

Perbedaan dalam hal pembersihan  kedua jenis kabel ini adalah terletak pada perhatiakn pada baja yang harus anda  pahami. Pada saat anda akan membersihkan kabel jenis baja ini, maka tahap awalnya sama saja dengan nilon yakni langsung dijunyai dan dibersihkan dengan cara disikat  dan tentunya dengan menggunakan shampoo agar hasilnya lebih bersih maksimal.

Setelah itu sobat,  anda jangan langsung menggulung gundukan kabel  baja tersebut dalam kondisi basah. Namun anda harus mengeringkannya terlebih dahuu dengan cara membiarkan kabel tersebut menjutai sampai ia benar benar kering. 

Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan bantuan kompresor agar lebih cepat kering. Kemudia setelah itu, sebelum anda mengglung kembali kabel tersebut, maka baiknya semprotkan permukaan drum penggulung tali dengan menggunakan cairan pelumas atau silicon. 

Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya karat pada kabel   baja tersebut.  Karena meski terbuat dari baja sekalipun, maka tak akan menutup kemungkian ia akan terkena karat.

 Setelah itu, barulah anda menggulung kabel winch tersebut namun pastikan gulungan tersebut jangan sampai menumpuk dengan gulungan  tali awal, namun gulungkah secara rapi dan berurutan.

Kemudian cairan pelumas atau cairan silicon yang tadi semprotkan kembali pada gulungan awal kemudian baru anda lanjutkan menggulung talinya. Atau denga kata lain, setiap gulungan dari kabel baja tersebut  harus disemprot cairan pelumas atau silicon sehingga kabel baja tersebut lebih awet  dan tidak akan karatan.

Setiap benda tentunya memiliki perawatan tersendiri untuk menjaga dan merawatnya dari kerusakan, begitu juga dengan kabel winch pada mobil off road anda.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR