Bagian Yang Wajib ‘Disentuh’ Demi Proper Car
16
Jun
2019
0 Comment Share Likes 408 View

Mobil bisa dikatakan menjadi cermin atas identitas dari sang pemiliknya, bahkan dengan melihat mobil pribadi yang digunakan dapat menceritakan tentang hobi hingga jati diri. Mengubah tampilan mobil pun kerap dilakukan agar meningkatkan ‘kasta’ dalam pergaulan. Semakin tampil menarik tapi bukan berlebihan, tentunya bisa menjadi daya tarik bagi siapa pun yang melihatnya.

Jika pada sebelumnya kami telah membahas tentang tema modifikasi dalam artikel ‘Memilih Tema Modifikasi Demi Mobil Kesayangan’. Pada artikel ini akan mengupas apa saja bagian atau sektor yang harus diperhatikan dalam melakukan modifikasi mobil. Namun sebelum memulai membedah, pastikan unsur yang dimodifikasi tetap dapat membuat mobil layak jalan atau konsepnya Proper Car.

 

Mungkin para Pria pecinta automotive telah banyak yang mengetahui tentang Proper Car, namun tidak ada salahnya diingatkan kembali. Konsep modifikasi proper car adalah tetap memperhatikan unsur Kenyamanan, Keamanan dan pastinya Style sehingga tidak ada kendala saat dikendarai di jalan. Seluruh bagian tersebut mudah didapatkan melalui beragam piranti atau komponen yang ada dipasar otomotif,

 

Bagian Penting Dalam Modifikasi

Pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat diubah atau modifikasi agar mobil dapat masuk dalam ‘Proper Car’. Namun ingat, bukan melakukan modifikasi secara berlebihan. Terlalu berlebih dalam kehidupan tentunya tidak baik, begitu pula dalam memodifikasi mobil.  Bagian mobil yang dapat diubah/modifikasi adalah :

 

Eksterior Mobil

Sebenarnya masih banyak yang memperdebatkan antara eksterior atau interior dahulu dalam melakukan modifikasi. Tentunya semua dikembalikan dari konsep hingga keinginan dari sang pemilik mobil atau tergantung dari modifikator yang dipercaya. Body kit terdiri dari kap mesin, spoiler, side skirt, diffuser, bemper dan lainnya.

Penggunaan body kit dalam merubah tampilan mobil menjadi langkah termudah, tetapi sebenarnya memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Penyesuaian dalam pengaplikasian body kit membutuhkan kecermatan hingga waktu yang tidak sedikit. Body Kit pun bisa dibuat sesuai pesanan atau membeli yang tersedia di pasar otomotif. Saat ini cukup banyak pilihan material yang tersedia, namun bahan karbon dianggap memiliki nilai lebih tinggi dari bahan lainnya.

Dalam merubah eksterior bukan sekedar menambahkan body kit, unsur estetika dari tarikan body pun harus disesuaikan. Selain menambahkan body kit, merubah eksterior bisa dilakukan dengan memasang sun roof hingga bagian lainnya yang tentunya dianggap dapat ‘mendongkrak’ penampilan mobil kesayangan.

 

Kaki – kaki Mobil

Setelah melakukan ubahan pada eksterior, tentunya bagian kaki-kaki mobil wajib mendapat sentuhan khusus. Mengganti velg plus ban hingga mengganti suspensi pun dapat dilakukan. Untuk ukuran velg dan ban, pastikan tidak mengganggu kinerja dari kemudi. Hal ini terkadang, keinginan menggunakan ban atau velg berdiameter besar tetapi malah membuat mobil sulit berbelok. Terlebih ada batasan dalam merubah ukuran velg seperti pada penjelasan dalam artikel kami sebelumnya.

 

Namun agar lebih yakin tentang memodifikasi velg dan ban, para Pria Intersport dapat berkonsultasi dengan sang ahli atau melalui aplikasi yang telah kami bahas pada artikel ‘Ingin Tau Ukuran Ideal ganti Velg, Ada Aplikasinya’.

Sementara untuk bagian kaki-kaki lainnya yang meliputi suspensi, tie rod, ball joint, bearing dan bushing. Kembali kami ingatkan untuk menyesuaikan kebutuhan, bukan hanya sekedar tampil ‘gaya’ saja. Dalam memilih komponen kaki-kaki yang akan dimodifikasi, pastikan ukuran hingga bentuknya sesuai dengan mobil. Memang melalui mengkostum beberapa komponen bisa menjadi solusi, tetapi jangan pernah memaksakan karena akan berimbas pada bagian lainnya. Agar lebih detail, kami akan membahas pada artikel lainnya.

 

Mesin Demi Performa

Tentunya bagian mesin wajib mengalami ubahan demi meningkatkan performa, bukan untuk sekedar ‘ngebut’. Melakukan modifikasi pada mesin tentunya menyesuaikan kebutuhan setelah penambahan pada eksterior maupun interior hingga merubah ukuran velg plus ban yang secara total berat pasti meningkat.

Cara termudah adalah swipe engine, namun cukup banyak hal yang harus dilakukan agar hasilnya maksimal. Namun biaya yang dikeluarkan tentunya harus diperhatikan dan yang cukup memusingkan adalah membuat surat – surat ‘akur’ di mata hukum.

Sebenarnya bagian dapur pacu, banyak yang dapat dimodifikasi agar performa mobil meningkat secara instan seperti mengubah saluran pembuangan atau knalpot melalui header atau mengganti knalpot, porting polish sehingga volume bahan bakar dan udara menjadi lebih optimal, Piggy back demi memanipulasi ECU dan mengganti bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi.

Jika masih belum puas, mengganti camshaft hingga menambahkan piranti turbocharger dan supercharger. Jika telah menggunakan Turbocharger dan supercharger, piranti wajib yang digunakan adalah Intercooler. Namun harus kembali memperhatikan banyak hal dalam memasang piranti turbo pada mobil, mulai dari kompresi dari mobil, kecocokan turbo pada mesin hingga komponen pada mesin wajib kuat agar mesin tidak jebol.

 

Interior Mobil

Kenyamanan dalam berkendara sangat dipengaruhi dengan ruang kabin. Beragam unsur dari interior dapat dimodifikasi demi meningkatkan kenyamanan. Mulai dari melakukan penggantian jok, hingga melapisi seluruh bagian interior (jok, dashboard, doortrim, plafon) dengan kulit atau bahan lainnya dapat dilakukan. Untuk pemilihan bahan, para Pria Intersport dapat membaca pada artikel yang membahas mengubah interior demi tampil berbeda dengan bahan ini.

Tema atau kesukaan warna dapat dicurahkan melalui interior mobil tetapi tentunya wajib mengacu pada unsur proper. Terlalu berlebihan dalam memodifikasi interior dapat membuat ruang gerak di dalam kabin semakin terbatas. Saat ini cukup banyak yang memilih interior minimalis tetapi unsur elegan tidak terlupakan.

 

Entertaiment

Rasanya kurang jika seluruh bagian mobil telah tersentuh, namun telinga dan mata tidak dimanjakan dengan sistem entertainment yang mumpuni. Tetapi kembali lagi dengan tema atau konsep modifikasi yang telah dipilih para Pria Berselera, jika Racing Car tentunya lupakan tentang hiburan dalam mobil. Suara raungan mesin dan knalpot pastinya lebih menghiburkan.

Saat ini cukup banyak produk yang telah ditawarkan demi kenyamanan dalam menikmati perjalanan. Tidak harus ber-merk, namun meningkatkan entertaiment harus memperhatikan tiga hal seperti yang telah kami bahas dalam artikel sebelumnya.

Besarnya biaya yang dikeluarkan dalam mengadopsi beragam perangkat audio tentunya tidak memastikan hasil atau kualitas menjadi maksimal. Namun tidak bisa dipungkiri, kualitas dari head unit, ampli, speaker hingga kabel audio selalu beriringan dengan harga. Dan semua tentunya dikembalikan dengan kebutuhan dari para Pria Berselera.  

 

Bagaimana para Pria yang berselera, sudah melakukan modifikasi apa saja pada mobil kesayangan?

 

 

  

 

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR