Awas, Langsung Ngidupin AC Abis Nyalain Mobil Itu Ternyata Bahaya!

Awas, Langsung Ngidupin AC Abis Nyalain Mobil Itu Ternyata Bahaya!

17Nov
INTERSPORT.ID ON 17 November 2017
INTERSPORT.ID ON 17 Nov 2017

Banyak orang (mungkin juga termasuk lo) yang punya kebiasaan langsung ngidupin AC abis nyalain mesin mobil. Apalagi kalau udara di luar panas, pastinya lo pengen buru-buru ngidupin pendingin kabin biar bisa ngadem. Tapi tau enggak, ternyata langsung ngidupin AC abis nyalain mesin mobil itu bahaya bagi kesehatan, bro! Hmmm… kenapa gitu, ya?

Gini penjelasannya. Interior mobil lo terbuat dari berbagai macam material, mulai dari plastik sampai karet. Material-material tersebut umumnya dibuat menggunakan zat kimia berupa benzena yang gampang banget menguap kalau terkena panas. Nah, benzena inilah yang berbahaya bagi kesehatan karena mengandung racun yang bisa menyerang ginjal, hati, dan jaringan tulang. Dalam jangka panjang, benzena bahkan bisa menyebabkan kanker. Ngeri banget, kan?

Menguapnya benzena ini bisa terjadi pas lo markir kendaraan dalam keadaan jendela tertutup. Meski lo markir di tempat yang enggak kena sinar matahari langsung, benzena tetap bisa menguap seenggaknya 400-800 mg. Kalau lo markir di cuaca panas dengan suhu di atas 16 derajat Celcius, jumlah benzena yang menguap bisa lebih ekstrem lagi, yaitu 2000-4000 mg (40 kali lebih tinggi dari level yang masih diperbolehkan).

Buat mencegah terhirupnya benzena, hal pertama yang lo lakuin pas masuk ke mobil adalah membuka jendela lebar-lebar selama beberapa menit supaya udara di dalamnya bisa keluar. Setelah itu, baru deh lo boleh nyalain AC tapi tetap biarkan jendela terbuka selama beberapa menit biar benzena yang mungkin ada di dalam AC bisa keluar dari kabin.

Percaya deh, mending gerah-gerahan sebentar daripada kesehatan lo yang jadi korban.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN