Awas, Isi Bensin RON Tinggi Bisa Bikin Mobil Lo Rusak!

Awas, Isi Bensin RON Tinggi Bisa Bikin Mobil Lo Rusak!

17May
INTERSPORT.ID ON 17 May 2017
INTERSPORT.ID ON 17 May 2017

Tersedianya berbagai macam bahan bakar yang menawarkan angka Research Octane Number (RON) tinggi dengan harga relatif terjangkau, membuat banyak orang yang tadinya pakai bensin bersubsidi, jadi beralih menggunakan jenis bahan bakar beroktan tinggi tersebut.

Hal ini emang berdampak positif karena selain bisa menekan dana subsidi dari pemerintah, mesin mobil pun bakal lebih sehat dan irit karena proses pembakaran jadi lebih sempurna. Tapi sebelum lo ikutan pakai bensin RON tinggi, mending cari tahu dulu deh apakah mobil lo emang cocok atau nggak. Soalnya, angka RON bensin yang lo pakai harus sesuai sama rasio kompresi mobil lo.

Kalau lo ngotot isi bensin RON tinggi padahal mesin mobil lo nggak cocok, ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi sama mobil lo. Mulai dari turunnya performa mobil, bensin jadi lebih boros, sampai emisi yang tinggi karena timing ignition antara bensin dan piston nggak sesuai.

Jadi mulai sekarang, ilangin deh anggapan kalau bensin RON tinggi itu paling bagus. Biar mesin mobil lo nggak kenapa-kenapa, pilih jenis bensin yang emang sesuai sama rasio kompresinya, ya! 

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN