Astra Financial Optimis Raih Rp 1,2 Trilyun di GIIAS 2019
15
Mar
0 Comment Share Likes 169 View

Astra Financial selaku perusahaan pembiayaan dari Astra International Tbk merasa optimis menyambut tahun 2019 yang dinilai cukup berat. Perusahaan raksasa ini mengaku sudah memasang target di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang. Target yang dipatok oleh Astra diyakini tidak akan naik terlalu besar dibandingkan dengan tahun lalu.

“Di tahun 2018 lalu, kami sanggup membukukan angka 5.500 SPK. Untuk asuransinya mencatatkan 400 SPK secara cash. Secara total, pencapaian Astra International tahun lalu mencapai Rp 1,1 triliun,” kata Gunawan Salim, Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra di Menara Astra, Jakarta, Kamis (14/3).

Melihat pencapaian di tahun 2018 lalu, Astra Financial pun yakin di tahun ini akan melebihi target. Terlebih di tahun ini, Astra Financial kembali menjadi sponsor utama di ajang GIIAS 2019. “Kami yakin dapat melampaui catatan yang ada pada GIIAS 2018 lalu. Apalagi di tahun ini Astra Financial juga akan hadir dengan booth seluas 803 meter persegi. Kalau bicara target, kami targetkan transaksi pembiayaan kendaraan di GIIAS 2019 ini di angka Rp 1,2-1,25 triliun,” tambahnya.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, Astra Financial pada tahun lalu mencatatkan 5.500 SPK. Di tahun ini, mereka menaikkan target menjadi 6.000 SPK atau naik 500 SPK dari penyelenggaraan GIIAS di 3 kota. Gunawan mengaku jika target ini sulit dicapai lantaran kondisi pertumbuhan di sektor otomotif cukup lesu. Mengingat tahun ini adalah tahun politik yang dinilai cukup berat untuk menaikkan target.

“Maunya sih jadi 6.000. Berat sekali sih, naik 500 dari tahun lalu. Sekarang otomotif juga pertumbuhannya lagi lesu, tahun politik,” sambungnya. Salah satu faktor yang mendorong lesunya penjualan otomotif adalah tingginya nilai bunga yang terjadi di awal tahun ini. Berkaca dari hal itu, Suparno Djasmin selaku Direktur PT Astra Internasional Tbk menargetkan pertumbuhan di GIIAS 2019 akan naik hingga 10-15%.

Suparno melihat hal tersebut akan mungkin terjadi karena enam lembaga jasa keuangan (LJK) Astra Financial menjadi sponsor utama di GIIAS 2019. Enam lembaga Astra tersebut adalah Permata Bank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, FIFGroup dan Astra Life. Astra International sendiri menutup tahun 2018 lalu dengan raihan laba bersih mencapai Rp 4,8 triliun. Laba tersebut di dapatkan dari kenaikan sebesar 28%.

SAMPAIKAN KOMENTAR