Aston Martin Produksi DBS GT dan DB4 GT Zagato Secara Terbatas
11
Jul
0 Comment Share Likes 80 View

Setelah sekian lama membuat para pecinta mobil penasaran, Aston Martin akhirnya merilis wujud terakhir DBS GT Zagato dan DB4 GT Zagato. Mobil-mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Aston Martin dengan Zagato. Kabarnya, mobil hasil kolaborasi ini diproduksi sebagai model terbatas, karena hanya dibuat sebanyak 19 unit untuk masing-masing modelnya.

Untuk DBS GT Zagato, produsen mobil asal Inggris ini diketahui mengambil basisnya dari Aston Martin DBS Superleggera dengan diberikan berbagai pembaruan dan perubahan teknis di sana-sini. Desainnya pun dibuat agar terlihat lebih tangguh dengan kap mesin yang memiliki celah. Kesan mewah juga terlihat dari bagian samping, karena ada aksen emas yang diimbuhkan pada velg 20 inci berbentuk bintang, serta sedikit aksen emas yang juga terdapat pada area bodi mobilnya.

Perubahan yang paling jelas terlihat pada bagian wajah mobilnya yang terlihat gagah dengan gril yang dominan. Berbeda dengan DBS Superleggera, detail komponen yang satu ini dibuat lebih tegas dengan 108 potongan berbentuk berlian yang disusun agar terlihat rapi. Uniknya, mobil ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat membuka dan menutup ke-108 potongan tersebut secara otomatis dan dengan gerakan yang cukup dinamis. Tujuannya adalah menyediakan suplai udara untuk mendinginkan mesin dan proses pembakaran dalam ruang silinder. Ketika mobil berhenti, setiap potongan pada gril akan langsung menutup.

Dalam situs resmi Aston Martin Global, Marek Reichman selaku Chief Creative Officer Aston Marin Lagonda pernah menjelaskan bahwa mobil DBS GT dan DB4 GT Zagato ini tidak hanya difokuskan pada bagian tampilannya, tetapi juga aspek lainnya. Gril yang dinamis ini digunakan agar memberikan kesan bahwa mobil ini memiliki dua identitas. Ketika diparkirkan, DBS GT Zagato terlihat tenang, tetapi bagian belakangnya terlihat tetap berotot. Namun, ketika mobil dinyalakan, mobil ini terlihat siap untuk beraksi.

Hal lain yang berbeda dari dua varian mobil baru ini adalah pada bagian buritan. Bagian kaca belakang dihilangkan dan digantikan dengan atap berbahan carbon fibre yang memanjang dari windshield. Hal ini sengaja dilakukan demi meningkatkan penampilan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Selain itu, untuk tetap memungkinkan para pengemudi melihat kondisi di belakang mobil, Aston Martin menanam rear camera yang gambarnya ditampilkan pada spion tengah.

Untuk DBS GT Zagato, Aston Martin kemungkinan akan membekalinya dengan jantung pacu yang juga ditemukan pada DBS Superleggera. Mesin yang digunakan adalah mesin V12 twin-turbo berkapasitas 5,2 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga 725 PS dan torsi mencapai 900 Nm. Sedangkan untuk DB4 GT Zagato, Aston Martin tetap mempertahankan desain klasik dengan menanamkan mesin enam segaris yang dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan. Konfigurasi mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 385 PS.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR