Aston Martin Buka Jasa Konversi Mobil Klasik Jadi Mobil Listrik
06
Dec
0 Comment Share Likes 44 View

Generasi mobil listrik rupanya tidak bisa dibendung lagi eksistensinya. Kali ini bukan mobil keluaran anyar, melainkan mobil klasik yang jadi incaran.

Sistem electronic vehicle (EV) Rapid E yang diusung Aston Martin, mulai dikembangkan untuk kemudian diadaptasi pada mobil-mobil klasik. Tujuannya tidak muluk-muluk; mobil klasik tetap bisa melenggang di jalanan tanpa khawatir terbentur peraturan pemerintah Eropa.



Mobil pertama yang dipaksa berevolusi dengan powertrain listrik ini adalah DB6 Mk2 Volante tahun 1970. Mobil ini diproduksi Aston Martin di markas kebesaran mereka di Newport Pagnell, Inggris.

Meskipun demikian Aston Martin mengakui bahwa sistem yang dijejali ke dalam gearbox sifatnya independent, yang singkatnya berarti bisa kembali ke sistem penggerak konvensional.



Pihak Aston Martin menjelaskan bahwa program ini guna menunjukan mobil besutan mereka tak lekang zaman. Lebih dari itu, ada rasa tanggung jawab sosial yang harus diberikan namun tidak menghilangkan identitas Aston Martin.

“Sadar akan tekanan lingkungan dan sosial akan mengancam keterbatasan penggunaan mobil klasik di tahun-tahun mendatang. Rencana ke depan kami tidak hanya mencakup model baru tetapi juga melindungi warisan berharga kami." ujar CEO Aston Martin Andy Palmer.

Konversi mobil pelanggan akan dilakukan in-house dan diharapkan akan dimulai pada 2019. Program ini juga ditengarai untuk mengalahkan kompetitor Jaguar E-Type Zero pada segmen pasar yang sama. Sejauh ini belum ada keterangan daya mesin atau baterai secara spesifik yang dirilis.

SAMPAIKAN KOMENTAR