Arti Di Balik Macam-macam Warna Asap Knalpot Mobil yang Lo Harus Tau

Arti Di Balik Macam-macam Warna Asap Knalpot Mobil yang Lo Harus Tau

07Jul
INTERSPORT.ID ON 07 July 2017
INTERSPORT.ID ON 07 Jul 2017

Keluarnya asap dari knalpot biasanya menandakan kalau ada yang nggak beres sama mesin mobil lo. Warnanya pun ternyata bisa bermacam-macam. Biar nggak salah kaprah, simak arti dibalik warna asap knalpot mobil berikut ini!

  1. Asap Kebiruan

Asap berwarna kebiruan terjadi karena oli yang masuk ke ruang pembakaran. Biasanya penyebabnya adalah katup seal atau ring piston yang udah aus sehingga oli jadi bocor. Jadi, segera cek bagian mesin tersebut kalau asap knalpot mobil lo berwarna kebiruan, ya.

  1. Asap Hitam

Ada beberapa penyebab keluarnya asap hitam dari knalpot mobil lo. Mulai dari berlebihannya bahan bakar yang masuk ke ruang silinder sehingga nggak sepenuhnya bisa dibakar, karburator yang nggak disetel dengan baik, sampai rusaknya fuel pump.

  1. Asap Putih

Keluarnya asap putih tipis dari knalpot sebenarnya masih normal karena hal tersebut cuma dampak dari kondensasi. Tapi kalau asap putih yang keluar terbilang tebal, bisa jadi hal tersebut dikarenakan terbakarnya air coolant gara-gara rusaknya packing head, silinder head, atau blok mesin.

Gimana, udah paham kan sekarang arti warna-warna asap yang keluar dari knalpot mobil?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN