Apa Sih Penyebab Mobil Mati Tiba-Tiba di Tengah Jalan?
25
Oct
2019
1 Comment Share Likes 183 View

Kini berkendara bukan melulu soal kebutuhan menunjang rutinitas, tapi juga sebuah kesenangan tersendiri. Apalagi kalau tujuannya untuk berlibur melepas penat. Perjalanan menyenangkan kerap terjadi ketika hendak menuju destinasi yang jauh.
Namun tentu saja perjalanan tidak selalu menyenangkan. Ada saja kejadian yang bikin kita bingung, panik, atau bahkan marah. Mesin mobil mati tiba-tiba adalah salah satu contohnya. Ya, bisa tiba-tiba mati.
Apakah itu pertMas Bro buruk akan kondisi mesin Mas Bro yang harus dibayar dengan biaya perbaikan yang mahal? Belum tentu juga. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan mobil mati mendadak saat dikendarai. Dari faktor yang ringan hingga yang berat, dan ini 5 faktor yang menyebabkan mobil mati tiba – tiba saat sedang dikendarai.

1. Bahan Bakar Habis

Ketika mobil Mas Bro mati saat mengemudi, hal pertama yang harus kamu periksa adalah tangki bahan bakar mobil Mas Bro. Tangki bahan bakar yang kosong tentunya menjadi penyebab utama mengapa mesin Mas Bro mati tiba-tiba. Nada tidak akan mungkin bisa mengendai mobil tanpa bahan bakar. Jadi melihat level pengukur bahan bakar pada dasbord adalah hal penting yang harus Mas Bro perhatikan sebelum bepergian. Jika hal ini terus terjadi pada mobil Mas Bro, sepertinya telah terjadi masalah pada pengukur bahan bakar mobil Mas Bro. Jika ini terjadi, segeralah bawa ke bengkel langganan Mas Bro.



2. Alternator Bermasalah

Kerusakan pada alternator adalah salah satu alasan yang menyebabkan mobil Mas Bro sekalian mati (berhenti) di tengah jalan. Jadi, kalau ada masalah dengan alternator mobil kesayangan kalian, itu bisa akan berdampak pada sistem pengisian tegangan ke baterai. Jika ini terjadi, maka suplai tegangan pengisian ke baterai akan terhenti. Ini meyebabkan tegangan baterai akan habis secara bertahap. Oleh karenya, Mas Bro mungkin harus mengisinya secara manual sampai pada batas tegangan normal.

3. Terjadi Malfungsi Pada Sensor

Memang tidak semua sensor yang mengalami kerusakan mengakibatkan mesin mati secara tiba – tiba. Tapi kalau hal ini terjadi pada sensor poros engkol atau sensor poros cam dan sensor – sensor lain yang menjadi data utama dalam kinerja mesin maka tentunya mesin akan mati. Kerusakan pada sensor akan ditandai dengan menyalanya lampu check engine saat mobil dihidupkan.



4. Masalah pada Pompa Bahan Bakar

Alasan lain yang mengakibatkan mobil Mas Bro mati tiba-tiba adalah karena terjadinya masalah pada pompa bahan bakar mobil kesayangan. Dengan adanya masalah bahan bakar pada tangki maka bahan bakar pun tidak akan dapat mengalir menuju ruang bakar tanpa ada bantuan pompa. Kerusakannya bermacam – macam, misalnya seperti sumbatan akibat bahan bakar yang kotor, hingga saringan yang sudah kotor atau pompa yang memang sudah mati total.

5. Masalah pada Kunci Kontak

Penyebab lain yang mengakibatkan mesin mati tiba – tiba adalah masalah pada saklar kunci kontak. Loh, bagaimana bisa? Jadi, masalah ini bisa saja terjadi dan mengakibatkan tegangan dari baterai tidak tersalurkan ke sistem pengapian. Hal ini bisa ditandai dengan tenaga mesin yang sebelumnya jadi berkurang.

Cara Menyikapi Mobil yang Mati Tiba-Tiba

Nah, kalau sudah mati mendadak begini apa yang harus dilakukan? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat kondisi mobil mati tiba-tiba. Berikut ulasannya.

Memeriksa Starter dan Baterai

Salah satu cara menyikapi mobil mati tiba-tiba adalah dengan selalu memeriksa starter dan baterai kendaraan. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati.

Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal. Caranya dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin.

Terdapat dua sambungan yaitu positif dan negatif. Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Kalian bisa membersihkan logam tersebut dengan sikat gigi untuk menghilangkan debu dan karat yang menempel.

Memastikan Bahan Bakar

Hal lain untuk menyikapi mobil yang mati tiba-tiba adalah dengan selalu memastikan bahan bakar mobil Mas Bro sekalian. Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga bisa menyebabkan mobil mogok. Jangan sampai berpikir kerusakan yang 'aneh-aneh' padahal bensin di tangki sudah kosong.

Kalau Mas Bro mulai merasa mobil berjalan tersendat-sendat, padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Mas Bro patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

Kemudian endapan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi tumpukan endapan bahan bakar pada penyaring bahan bakar atau fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat dan tidak bisa mencapai tempat pembakaran. Solusinya adalah dengan mendiamkan mobil kesayangan selama 20 menit, untuk menghilangkan endapan yang menyumbat penyaring bahan bakar.

Tapi jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

Memeriksa Sistem Pembakaran

Lain lagi kalau mobil mati tiba-tiba karena sistem pembakaran. Untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada sistem pembakaran adalah dengan memeriksa dan mengamati busi mobil Mas Bro.

Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, ini menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

SAMPAIKAN KOMENTAR