Apa Sih Mobil Sleeper Itu?
14
May
0 Comment Share Likes 86 View

Secara harfiah, "sleeper" diartikan sebagai "tukang tidur". Istilah ini merupakan bahasa slang yang punya makna sesuatu yang tampak biasa saja dari luar tapi ternyata punya sesuatu yang luar biasa hebatnya. Ini mungkin bisa disangkutpautkan dengan seseorang yang tukang tidur tapi sebenarnya punya kemampuan hebat. Mirip dengan pepatah "diam-diam menghanyutkan". Nah, lalu bagaimana hubungannya dengan car sleeper di dunia otomotif?

Dalam dunia otomotif juga dikenal istilah car sleeper atau mobil "tukang tidur". Maknanya kurang lebih sama. Mobil tampak biasa saja malah cenderung culun punya alias "cupu". Tapi ternyata sangat garang kalau bicara performanya.

Mobil sleeper juga bisa dibilang sebagai kebalikannya mobil ricer. Seperti yang bisa dilihat, mobil ricer pasti kebanyakan gaya. Sentuhan sana-sini di sektor eksterior layaknya mobil sport kencang padahal nggak proper sama sekali dan kemampuannya bikin tepok jidat. Jadi bisa dibilang mobil sleeper adalah mobil yang punya tampang boyot, tapi performa ala mobil sport.

Dihimpun dari berbagai sumber, ternyata mobil sleeper ini pun bisa dibagi menjadi tiga tipe. Tanpa lama-lama, ini dia ketiga tipe mobil sleeper di dunia otomotif.

Mobil Sleeper Pabrikan

Beberapa mobil sleeper bukan hanya lahir dari proses modifikasi saja, pasalnya banyak juga mobil sleeper yang punya DNA sport dari pabrikannya. Dengan kata lain, mobil-mobil sleeper ini memang didesain dengan penampilan yang biasa saja tapi dibekali mesin yang mampu membuat para car enthusiast tercengang.

Beberapa contoh mobil sleeper asli pabrikan diantaranya adalah Mercury Marauder (2003-2004) yang dinilai punya desain sedan konvensional tetapi dibenamkan mesin V8 4.6 L. Berkat mesin tersebut, mobil mampu hasilkan tenaga hingga 302 hp! Selain itu, di segmen mobil keluarga ada Volvo V70 R. Mobil dengan gaya desain wagon ini mampu melesat dengan tenaga maksimal sebesar 296 hp!

Memang absurd, belum ada keterangan yang jelas terkait alasan atau tujuan para produsen mobil ini. Apa tujuan mobil keluarga dibenamkan mesin garang ke balik kapnya dengan desain yang konvensional.

Mobil Sleeper Modifikasi

Kebalikan dari mobil sleeper bawaan pabrikan, kali ini ada mobil sleeper hasil modifikasi. Sebagian pecinta mobil menciptakan mobil sleeper dengan memodifikasi mobil standar menjadi mobil bertenaga garang tanpa merubah banyak penampilannya. Caranya yang paling ampuh adalah dengan mengganti mesin (engine swap) dengan mesin yang bertenaga besar. Cara lainnya juga bisa dengan memodifikasi mesin melalui tambahan forced induction seperti turbocharger atau supercharger.

Mobil Sleeper-Ricer

Tipe ke tiga ada sleeper-ricer. Ya, mungkin tipe ketiga ini bisa dibilang jarang dijumpai dalam dunia mobil sleeper. Faktor kejutan merupakan hal penting dalam mobil sleeper. Nah, mobil sleeper-ricer memang sengaja dibuat punya tampang ricer atau norak tapi punya performa canggih.

Hal tersebut diharapkan nantinya mampu memberikan efek kejut yang lebih besar bagi orang-orang yang meremehkannya. Mobil sleeper jenis ini biasanya sengaja didandani bergaya ricer seperti dihiasi sticker ala Need for Speed Underground, menggunakan lampu neon (underglow/ underbody) atau bahkan sengaja menggunakan custom bodykit yang norak.

Tujuan Membuat Mobil Sleeper

Sempat disinggung sebelumnya soal mengapa orang atau pabrikan membuat mobil sleeper? Memang bukan tanpa alasan, berikut adalah beberapa tujuan dibuatnya mobil sleeper.

  1. Suka performa kencang tapi tidak ingin menonjol atau jadi pusat perhatian orang-orang banyak.
  2. Ingin mendapat perhatian dan diakui reputasinya dari performa mobilnya bukan dari tampilan luar mobil.
  3. Di ajang balapan mobil, mobil sleeper bisa digunakan untuk "psy war" pra balapan. Tujuannya untuk mengguncangkan mental lawan yang sudah lebih dulu meremehkan mobil sleeper.
  4. Budget terbatas dan lebih mengutamakan performa mesin mobilnya.
  5. Hobi menambah koleksi mobil keluarga atau mobil "culun" yang ada di garasi namun bermesin besar.

Cara Mengenali Mobil Sleeper

Suka merasa terkecoh dengan mobil sleeper? Biar nggak tertipu, ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah mobil di depan mata kita adalah mobil sleeper yang menyembunyikan kekuatannya atau bukan. Cara mendeteksinya bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dari adanya intercooler hingga melihat spesifikasi bannya.

Pertama bisa dilihat dari intercooler pada mobil. Meskipun umumnya intercooler ini ditutupi atau disembunyikan. Intercooler yang berfungsi untuk mendinginkan udara panas dari mesin turbo bisa mengindikasikan bahwa mobil tersebut punya tenaga besar.

Selain itu bisa perhatikan juga adanya pengukur atau indikator display (gauge) alias controller pada interior mobil. Kembali seperti intercooler, perangkat elektronik untuk memonitor kinerja mesin atau turbo ini biasanya disembunyikan.

Di saat mesin punya performa besar, tentu mobil tidak bisa disematkan spesifikasi rem sembarangan. Jadi, mendeteksi mobil sleeper juga bisa dilihat dari rem mobilnya. Dari jauh, kualitas pengereman biasanya terlihat dari ukuran disc brake yang lebih besar.

Terakhir, serupa dengan sistem pengereman, perhatikan juga ban mobil dan suspensinya. Mobil dengan performa mesin yang tinggi biasanya diiringi dengan ban yang lebar dan suspensi (stance) yang rendah.

Dengarkan suara mesinnya. Meskipun terkadang sleeper menggunakan silent hi-power muffler, suara mesin performa tinggi tetap akan terdengar berbeda dengan mesin standar.

Nah, itu tadi beberapa ulasan soal mobil sleeper. Mulai dari tipe mobil sleeper, hingga cara mendeteksi mobil sleeper. Hmm, menurut Pria Intersport, apa yang paling seru dari mobil sleeper? Atau memang punya mobil sleeper? Boleh dong, bagi-bagi pengalamannya waktu diremehkan sebelum menang.

SAMPAIKAN KOMENTAR