Apa Itu Overhaul?
25
Oct
2019
0 Comment Share Likes 182 View

Apa Itu Overhaul? Lama-kelamaan komponen yang terdapat pada sebuah kendaraan jika terus berkerja tentu akan mengalami kerusakan. Nah, hal ini akan bisa menurunkan kinerja mesin, oleh sebab itulah harus dilakukan perbaikan. Jika kerusakan pada mesin hanya dibiarkan dan tidak segera diperbaiki tanpa membongkar mesin. Pada akhirnya Mas Bro sekalian harus melakukan perbaikan dengan melakukan overhaul mesin.

Overhaul mesin sering dikenal dengan istilah turun mesin atau servis berat. Seperti istilahnya, overhaul mesin dilakukan jika terjadi kerusakan berat di dalam mesin yang kemudian menuntut perbaikan dengan cara melakukan pembongkaran mesin. Saat melakukan overhaul ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan seperti membongkar mesin, memperbaiki komponen mesin serta mengganti komponen dan memasang kembali komponen mesin dengan cara yang tepat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa proses turun mesin alias overhaul ini merupakan kegiatan membongkar mesin karena terjadinya kerusakan pada komponen di dalam mesin. Setelah melakukan pembongkaran mesin, maka komponen-komponen di dalam mesin diperiksa secara teliti dan menyeluruh. Dengan begitu bisa mendapatkan data-data akurat agar bisa menentukan langkah apa selanjutnya. Apakah komponen harus dibersihkan, diperbaiki atau harus diganti.

Overhaul dibagi menjadi dua macam, yakni secara total dan semi.

Overhaul Total

Overhaul total merupakan pembongkaran ke seluruh bagian mesin. Meliputi kepala silinder, bagian blok silinder dan bagian carter.

Semi Overhaul

Semi overhaul merupakan pembongkaran sebagian pada mesin. Yakni membongkar hanya pada bagian kepala silinder saja tanpa membongkar blok silinder.

Overhaul sendiri tidak bisa sembarangan. Perbaikan ini dilakukan dengan tujuan tersendiri, di antaranya sebagai berikut ini:

  • Membersihkan bagian ruang bakar dari kotoran karbon yang menumpuk.
  • Mengatur ulang dudukan pada katup atau skir klep.
  • Melakukan pemeriksaan komponen di dalam mesin. Seperti poros nok, piston, pompa oli, dan masih banyak lainnya.
  • Membersihkan komponen yang ada di dalam mesin tersebut.
  • Mengembalikan performa mesin.

Kondisi turun mesin atau dikenal sebagai overhaul, menjadi masalah yang cukup serius untuk mobil kesayangan Mas Bro. Jika mobil sudah sampai harus turun mesin, mau tidak mau harus meroggoh kocek alias mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

 

Besarnya biaya disebabkan karena pengerjaannya membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi dan waktu tidak sebentar dan overhaul sendiri merupakan pekerjaan untuk memperbaiki kendaraan dengan cara menurunkan dan membongkar mesin. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data valid mengenai kerusakan yang terjadi di dalam mesin mobil.

Ketika melakukan turun mesin, tentunya harus memperhatikan dan menganalisa bagaimana kondisi mobil tersebut. Biasanya mobil yang mengalami turun mesin ini mengalami beberapa gejala.

Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Keluar Asap Putih dari Knalpot

Satu hal yang cukup bisa mengindikasikan bahwa  mobil perlu mengalami turun mesin adalah asap putih pekat keluar dari knalpot. Selain itu juga lantaran mobil seringkali mengalami kekurangan oli mesin, padahal baru dipakai beberapa kali. Sebagai contoh, ketika dipakai untuk perjalanan cukup jauh, kurang dari 100 km, sudah terjadi kekurangan oli mesin secara drastis. Untuk mengatasi hal ini bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel yang sudah terpercaya. Mereka bisa mengetahui dengan lebih baik, apakah mobil Mas Bro turun mesin total atau tidak.

Pada kasus seperti ini bisa diselesaikan dengan turun mesin separuh (semi overhaul) apabila kerusakan hanya pada seal valve yang kondisinya mengeras. Dan hal ini sering terjadi pada mobil tua. Beberapa komponen atas blok valve atau klep diturunkan dan kemudian seal diganti baru. Turun mesin separuh ini juga bisa dikarenakan terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah melemah.

Oli Kecokelatan dan Air Radiator Berminyak

Gejala turun mesin lainnya adalah air radiator berminyak dan oli akan mulai berwarna kecokelatan. Ini biasanya karena air yang masuk ke dalam ruang kompresi atau oli masuk ke saluran air. Hal ini akan membuat korosi blok silinder head dan membuat beberapa lubang air tidak beraturan. Tetapi hal ini bisa ditanggulangi dengan mengganti silinder head baru. Akan tetapi jika sudah kecokelatan dan tercampur dengan air radiator, mau tidak mau mobil kesayangan harus mengalami turun mesin.

Suhu Mesin Terus Naik

Kemudian yang menjadi ciri dari turun mesin adalah terus naiknya suhu mesin. Apabila Mas Bro memakai mobil yang kondisinya normal kemudian melambat dan suhu mesin terus menerus meningkat ini jelas patut dicurigai

Overheat

Bisa dikatakan jika hal ini menjadi kelanjutan dari kondisi yang sebelumnya. Pastinya sebagai pemilik mobil, Mas Bro pernah mengalami mobil mendadak mati ketika dikendarai. Hal ini dikarenakan suhu mesin yang semakin meningkat alias overheating. Jika hal ini terjadi pada mobil kesayangan, maka jangan langsung menyalakan mobil kembali. Akan lebih baik jika memperhatikan temperatur mesin yang tertera di jarum penunjuk dulu. Apabila jarum menunjukkan H, maka sebaiknya diamkan mesin tersebut beberapa saat. Kemudian selanjutnya periksa sistem pendingin, karena bisa saja terjadi kebocoran pada komponen radiator. Jika ingin lebih jelasnya lagi, maka bisa membawanya ke bengkel langganan terdekat atau yang sudah berpengalaman.

Busi Selalu Basah Oli

Penyebab turun mesin lainnya adalah karena kepala busi yang selalu basah oleh oli. Dan hal ini menujukkan jika oli sudah bercampur di dalam ruang kompresi sehingga membuat oli mudah terbakar. Jika Mas Bro melakukan pengecekan dan tidak menemukan kerusakan pada boring. Maka kalian hanya perlu mengganti ring piston saja. Tetapi jika kondisi ruang kompresi tidak presisi, maka mau tidak mau harus dilakukan Overhaul.

Air Radiator Berkurang dan Menyembur

Hal lainnya dari gejala mesin harus overhaul adalah air radiator berkurang banyak dan bisa menyembur ke atas ketika mesin dinyalakan. Dan untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, maka Mas Bro harus melakukan pengecekan komponen radiator.

Beberapa hal yang menyebabkan harus melakukan overhaul mesin lainnya adalah adanya suara tidak normal di dalam mesin, misalnya suara ngeliitik. Suara ini diakibatkan oleh komponen mesin yang sudah aus atau juga terjadi kerusakan pada komponen di dalam mesin. Misalnya kerusakan pada piston, batang piston, ring piston, blok silinder, kepala silinder, dan masih banyak lainnya. Namun perlu diketahui bahwa overhaul ini tidak hanya untuk mesin saja. Tetapi juga dilakukan pada sistem rem, karburator, sistem transmisi, dan masih banyak lainnya.

Bagi Mas Bro yang mengalami beberapa gejala di atas, akan lebih baik membawa mobil ke bengkel terbaik dan sudah berpengalaman. Dengan begitu mobil bisa dicek terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan dan menentukan apakah harus overhaul secara total atau hanya sebagian.

SAMPAIKAN KOMENTAR