Apa Itu Center Lock Wheels?
30
Sep
2019
0 Comment Share Likes 207 View

Kalau bicara soal pelek, ada satu bagian pentingnya, yaitu baut dan PCD. PCD adalah salah satu bagian penting di pelek yang wajib diperhatikan, saat Mas Bro ingin melakukan pergantian pelek.

PCD sendiri merupakan singkatan dari dari Pitch Circle Diameter. Istilah lain dari PCD adalah bolt pattern atau stud pattern. Secara sederhana, PCD sendiri artinya adalah jarak antar lubang baut roda pada pelek.

Cara mengukur PCD, yaitu dengan menarik garis lurus antara dua buah baut yang posisinya paling terjauh, lalu dihitung dalam satuan milimeter (mm). Selain ukuran jarak antara baut, kode PCD juga menerangkan jumlah baut yang digunakan, seperti 4, 5 atau 6 baut.

Tapi PCD lantas tidak berguna pada pelek berjenis baut center lock wheels. Loh, kok bisa begitu?

 

Apa Itu Center Lock Wheels?

Apa itu center lock wheels?

Mungkin dari sebagian Pria Intersport masih ada yang enggak sadar kalau jumlah baut pelek mobil itu berbeda-beda, loh. Belum 'ngeh' sama itu sudah ada lagi yang namanya center lock wheels.

Pada dasarnya center lock wheels ini tidak berbeda jauh dengan jenis umumnya. Kalau biasanya pelek itu punya 3, 4, 5, atau 6 baut roda yang sama dari tengah, nah center lock wheels itu cuma punya satu baut besar di tengah roda. Kebanyang kan?

Tentu saja center lock ini punya maksud dan tujuan pembuatannya. Nah, di samping dengan segala kelebihannya, ada juga loh kekurangan dari center lock wheels ini. Hmm.. apa ya? yuk, simak ulasan di bawah ini.

 

Kelebihan Center Lock Wheels

Kelebihan center lock wheels yang paling kentara adalah waktu bongkar pasangnya. Ya karena cuma punya satu baut besar di tengah roda, maka waktu release dan pasang mungkin kiranya hanya butuh waktu 1/5 atau 1/6 waktu yang dibutuhkan untuk melakukan hal yang sama pada pelek 5 atau 6 baut. Cepat banget, kan Mas Bro?

Sebentar, tapi apa kelebihan ini jelas berguna untuk pengguna kendaraan sehari-hari? Tentu tidak, kelebihan center lock wheels ini akan sangat membantu di arena balap. Center lock wheels bisa saja menjadi faktor penentu kemenangan atau malah jadi blunder saat balapan.

Kelebihan lain dari center lock wheels adalah memungkinkannya tercipta ruang ekstra antara hub roda dan roda itu sendiri. Nah, hal ini tentu ada tujuannya juga, loh Mas Bro. Jangan anggap cuma sekadar itu saja, karena ruang ekstra di antaranya itu bisa dimasukan cakram rem dan kaliper yang lebih besar. Ini jelas sangat berguna untuk menjamin keselamatan dan optimalisasi performa akselerasi tinggi. Namun demikian, center lock wheels juga kerap digunakan lantaran punya nilai estetis yang juga tinggi. Terutama untuk mendongkrak karakter sporty, Mas Bro.

 

Kekurangan Center Lock Wheels

Eit, tapi tunggu dulu. Jangan terburu-buru untuk beli pelek dengan satu baut ini. Center lock wheels mungkin punya kekurangan yang harus Mas Bro ketahui. Kekurangan center lock wheels ini terkait dengan beratnya melepas dan memasang pelek. Sehingga Mas Bro perlu power tools khusus untuk menunjangnya.

Masih belum paham?

Jadi gini, Mas Bro. Untuk melepaskan pelek pada umumnya dibutuhkan daya sebesar 41 kg dengan alat yang sederhana seperti kunci pas pun bisa. Nah, kalau center lock wheels alias pelek satu baut butuh tenaga sebesar 204 kg kekuatan manusia. Jelas jauh berbeda, kan? Kemudian, saat memasangnya pun harus menggunakan alat khusus, karena kalau tidak kencang memasangnya, roda bisa saja lepas.

Lalu alatnya apa? Untuk memasang dan melepas satu baut roda di tengah perlu bantuan alat bernama pneumatic torque wrench dan kompresor angin. Kelihatan, kan tidak bisa sembarangan...

Soal harganya, pneumatic torque wrench dan kompresor angin punya banderol yang 2 hingga 4 kali lipat dari pelek biasa pada umumnya. Harganya yang mahal juga karena unitnya memang sangat sedikit dibuat.

 

Mobil-Mobil yang Mengadopsi Center Lock Wheels

Perlu diketahui juga, biasanya center lock ini hanya digunakan di mobil-mobil Formula One, ajang balap ketahanan Le-Mans 24 Jam, atau IndyCar. Namun beberapa produsen mobil juga sekarang kadang menawarkan roda satu baut sebagai opsi varian. Seperti misalnya merek Porsche di model 911 GT3, Carrera GT, dan 918 Spyder. Bahkan, untuk mobil-mobil Ferrari seperti F40, F50, Enzo, dan LaFerrari sudah mengadopsi center lock wheels. Lebih dari itu, Koenigsegg malah mengaplikasikan roda satu baut di semua lini produksi mereka.

Itu tadi tentang center lock wheels. Kesimpulannya, memang roda satu baut punya kelebihan soal waktu pemasangan dan tampilan yang keren banget. Tapi kekurangannya pun tidak sedikit kalau hanya digunakan untuk daily use cars. Selain mubazir fungsi, harganya pun tidak murah, terlebih butuh power tools tambahan untuk memastikan roda kencang dan tidak lepas saat berputar.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR