Apa Alasan Orang Memodifikasi Mobil Mereka?
14
Jul
0 Comment Share Likes 518 View

Modifikasi mobil memang merupakan bagian yang tidak dapat kita pisahkan dari sejarah perjalanan mobil. Bahkan, sejak mobil pertama kali diciptakan dan diproduksi secara massal, orang sudah mulai memodifikasi mobil. Hingga saat ini, modifikasi mobil pun masih terus dilakukan. Jika kita perhatikan di jalanan ibukota, sepertinya tidak lagi terlalu sulit menemukan satu atau dua mobil yang sudah mengalami modifikasi, dan kebanyakan bagian yang dimodifikasi adalah velg dan knalpot.

Bentuk modifikasi yang dilakukan para pecinta mobil pada mobil kesayangannya pun beragam. Mulai dari hal yang sederhana seperti menempelkan sticker atau mengganti velg, hingga yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus seperti mengganti mesin. Biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi mobil juga sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Bagi kebanyakan orang yang bukan merupakan seorang car enthusiast, memodifikasi mobil tentu adalah hal yang sulit dimengerti. Pasalnya, mereka hanya menganggap mobil sebagai alat transportasi. Modifikasi memang pada umumnya berdasar pada kecintaan seeseorang pada mobilnya dan kegemarannya untuk berkendara. Tetapi, tentu saja ada alasan yang berbeda-beda yang mendasari seseorang memodifikasi mobilnya. Penasaran? Ini dia ulasannya, Bro.

 

Meningkatkan Performa Mobil

Secara alami, manusia memang diciptakan dengan insting untuk membuat sesuatu menjadi semakin baik. Berkat insting itulah, kini kita bisa mengenal teknologi dan peradaban. Hal ini ternyata tidak luput dalam hal membuat mobil kesayangan menjadi lebih baik.

Sebagian besar car enthusiast memodifikasi mobil mereka untuk meningkatkan performa mobil kesayangan mereka. Mereka ingin mobil mereka menjadi lebih cepat, lebih stabil, lebih efektif, lebih ringan, lebih aerodinamis, dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang yang tidak paham dengan seluk beluk modifikasi mobil pasti akan berkata bahwa memodifikasi mobil adalah hal yang sia-sia, karena mobil-mobil tersebut diciptakan oleh para ahli dan pasti memiliki alasan tertentu kenapa diciptakan demikian. Para produsen mobil memang membuat mobil dengan banyak pertimbangan. Biaya, emisi, ketahanan sparepart, keamanan, konsumsi bahan bakar, dan regulasi pemerintah lainnya. Seluruh faktor tersebut membatasi mobil untuk memiliki performa terbaiknya, dan memodifikasi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performanya sesuai dengan yang diinginkan oleh sang pemilik mobil. Mobil-mobil sport yang memang didesain untuk memamerkan performa yang tinggi sekalipun seringkali terbatasi oleh faktor-faktor seperti emisi, biaya, keamanan, dan regulasi pemerintah lainnya. Dan hal inilah yang mendorong banyak car enthusiast untuk memodifikasi mobilnya.

 

Agar Mobil Tampil Beda

Sepertinya, salah satu alasan paling umum bagi seorang pecinta mobil untuk memodifikasi mobilnya adalah karena ingin mobilnya memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan mobil-mobil kebanyakan. Keinginan untuk tampil berbeda dan menyesuaikan mobil dengan karakter pribadi untuk mengekspresikan gaya tersendiri dapat mendorong seseorang untuk memodifikasi mobilnya. Saat hal seperti ini yang menjadi alasan, biasanya orang akan berfokus memodifikasi mobilnya pada bagian eksterior. Mobil standar pasar seringkali dianggap memiliki desain membosankan. Sering kita jumpai beberapa mobil yang velg-nya diganti dengan velg aftermarket, dan juga mobil yang dipasangi rear wings dan stiker di bagian bodinya.

Beberapa orang yang sudah kecanduan memodifikasi mobilnya biasanya akan menjadi semakin ekstrim. Biasanya mereka akan menggunakan bodykit, melakukan pengaturan camber sekaligus fitting proper wheels yang lebar, penggunaan part aero seperti canard, diffuser atau wings, dan lain-lain. Jika sudah sampai ke tahap ini, modifikasi mobil bukan lagi hanya sekedar untuk terlihat beda. Efek aero akan berpengaruh pada kestabilan mobil terutama pada handling di kecepatan tinggi.

 

Modifikasi Mobil Karena Kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, para produsen mobil membuat mobil dengan banyak pertimbangan. Kebanyakan para produsen membuat mobil yang secara umum sangat dipengaruhi oleh faktor biaya produksi. Hal ini ini biasanya terjadi terutama pada mobil-mobil harian produksi masal. Sedangkan, konsumen tentu memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sangat beragam. Makanya, seringkali ada beberapa kebutuhan spesifik yang tidak bisa terpenuhi.

Kebutuhan yang belum bisa dipenuhi oleh para produsen mobil inilah yang membuat orang melakukan modifikasi mobil. Biasanya, mobil akan disesuaikan kebutuhan penggunaan atau karakter pemiliknya. Misalnya saja, bagi orang yang sering melewati jalan yang kondisi jalannya tidak kondusif menambah ground clearance dan mengganti ban offroad ala mobil 4WD agar pengendaraan mobilnya lebih optimal. Ada juga orang yang melakukan remap ECU agar mobil lebih irit bahan bakar, dan masih banyak lagi.

 

Memodifikasi Karena Hobi

Terkadang, para car enthusiast memang tidak memerlukan banyak alasan untuk memodifikasi mobil kesayangan mereka. Kebanyakan dari para pecinta mobil memang memodifikasi mobil mereka karena hal itu adalah hobi mereka. Bukan hanya menyukai mobil, bagi mereka mobil sudah seperti mainan besar yang merupakan passion mereka. Selayaknya hobi pada umumnya, memodifikasi mobil ini dapat menjadi hiburan tersendiri dan menjadi sesuatu yang bisa membuat mereka melepas penat.

Modifikasi yang sudah menjadi hobi ini memang memiliki fokus yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang hobi modifikasi untuk meningkatkan performa, ada yang fokus pada modifikasi tampilan, ada yang senang dengan audio dan interior, dan lain sebagainyanya.

Hobi modifikasi ini tidak melulu berarti menghabiskan biaya dan waktu sia-sia, lho. Lihat saja Akira Nakai, otak dibalik bodykit RAUH Welt-BEGRIFF, serta Kei Miura, pemilik bodykit Rocket Bunny. Modifikator asal Jepang ini membangun produsen bodykit tersebut karena berawal dari hobi modifikasi. Siapa sangka kan, hobi modifikasi bisa mendatangkan keuntungan kalau kita cukup pintar untuk mengambil peluang bisnis.

 

Nah, itulah ulasan mengenai alasan orang memodifikasi mobil-mobil kesayangan mereka. Selain alasan-alasan di atas, apa Mas Bro punya alasan lain yang mendorong Mas Bro untuk memodifikasi mobil? Ayo berbagi di kolom komentar.

SAMPAIKAN KOMENTAR