AMG, Brabus, Carlsson dan Lain-lain Apa Sih Artinya?

AMG, Brabus, Carlsson dan Lain-lain Apa Sih Artinya?

09Aug
INTERSPORT.ID ON 09 August 2018
INTERSPORT.ID ON 09 Aug 2018

Pernah nggak sih pria Intersport ngeliat tulisan macam AMG, Brabus, Carlsson, Kleeman, Hamann dan lain sebagainya di tubuh Mercedes Benz? Mungkin bagi para pengguna three pointed star sudah mengenal apa arti dari berbagai macam merk tersebut. Tapi, bagi yang awam nama tersebut mungkin akan terdengar seperti varian pada Mercedes Benz.

Beberapa merk tersebut sebenarnya memiliki makna dari in house tuner dari Mercedes Benz, bro. Tuner sendiri memiliki makna sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri untuk memodifikasi dan menjual mobil hasil modifikasinya, bro. Para tuner ini biasanya bekerjasama dengan beberapa produsen ataupun menjadi divisi yang dikhususkan oleh produsen tersebut.

Biar lebih paham, kami akan mengupas sedikit tentang in house tuner yang ada pada Mercedes Benz.

  1. AMG

Nama AMG bukanlah sebuah nama yang asing untuk di dengar. AMG sendiri merupakan singkatan dari Aufrecht, Melcher dan Großaspach yang didirikan oleh Burgstall di Jerman pada tahun 1967. AMG menjadi perusahaan spesialis pembuat mesin berperforma tinggi. Di tahun 2005, Mercedes Benz membeli seluruh saham AMG lantaran kepincut dengan mesin yang dihasilkan oleh AMG.

  1. Brabus

Sepuluh tahun sejak AMG berdiri, Klaus Brackman dan Bodo Buschmann mendirikan perusahaan yang mengkhususkan diri untuk menciptakan mesin berperforma khusus Mercedes Benz, Smart dan Maybach pada tahun 1977.

  1. Carlsson

Biasanya tulisan ini lebih sering terlihat pada bagian velg yang digunakan oleh Mercedes Benz. Yap, Carlsson sebenarnya juga merupakaan perusahaan tuner yang menangangi mesin Mercy, bro. Carlsson ini berdiri pada tahun 1989 yang didirikan oleh dua bersaudara bernama Rolf dan Andreas Hartge. Salah satu model yang membuat nama Carlsson terkenal adalah Mercy C25 yang lahir dengan torsi melimpah. Torsinya mencapai 1.150 Nm dan mampu melesat hingga kecepatan 352 km/jam.

  1. Kleeman

Nama Kleeman di Indonesia mungkin kurang terdengar akrab dibanding 3 perusahaan sebelumnya. Perusahaan yang lahir pada tahun 1985 ini menjadi in house tuner dari Mercy, Porsche, Audi dan BMW. Salah satu produknya yang terkenal adalah menciptakan supercharge.

  1. Hamann Motorsport

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1986 ini juga menjadi salah satu rumah modifikasi yang cukup digandrungi oleh produsen otomotif. Sebut saja merk seperti  Audi, Aston Martin, Bentley, BMW, Mini, Ferrari, Fiat, Jaguar, Land Rover, Maserati, Mercedes, Rolls Royce, Porsche dan Lamborghini bekerjasama dengan Hamann Motorsport. Produknya antara lain seperti Limited Slip Differential (LSD), knalpot, piston rem cakram, dan remapping mesin. Mobil pertama yang dibuat oleh Hamann adalah BMW M3 E30 yang lahir dengan tenaga 348 hp. Mantap betul ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN