Alasan Buat Kamu yang Ingin Beralih dari MPV ke SUV
16
Jul
0 Comment Share Likes 198 View

Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan model mobil yang paling digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia saat ini. MPV dinilai mampu menjawab segala kebutuhan baik mobilitas, perawatan, hingga efisiensi bahan bakar yang ditawarkannya. Tidak sedikit juga yang menyebut alasan MPV sangat digemari lantaran jumlah anggota keluarga orang Indonesia banyak, jadi perlu kendaraan yang mampu boyong banyak orang.

Namun seiring perkembangan kendaraan MPV dan kemampuan beli masyarakat sedikit demi sedikit mulai terasa mengubah selera kendaraannya. Pihak pabrikan dinilai mulai mengubah desain dengan minor change bernuansa lebih adventure atau bisa dibilang semi SUV. Memang dari segi desain saja, karakter SUV yang mencirikan daya jelajah lebih luas akan lebih memikat. Apalagi, SUV juga dinilai mampu menggantikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki MPV. Sebut saja kenyamanan dalam kabinnya, SUV dengan konfigurasi 7-seater dianggap sama nyamannya dengan mobil kelas MPV meski tengah melibas jalanan berkondisi cukup berat.

Untuk lebih seksama, berikut uraian tentang alasan-alasan mengapa orang beralih dari mobil MPV ke SUV.

 

Lebih Nyaman Saat Membawa Lebih Banyak Penumpang

Jika yang dimaksud adalah SUV 7 seater sebetulnya agak dilematis menyatakannya nyaman atau tidak. Mayoritas, SUV 7 seater buatan Jepang atau China dianggap masih layak disebut 5+2 seater. Ya, jok baris ketiga lebih cocok untuk anak-anak (sama seperti kebanyakan LMPV). Meskipun begitu, semakin penuh penumpang dalam kabin maka kinerja suspensi SUV akan semakin maksimal sehingga tingkat kenyamanan pun akan semakin tinggi. Lebih dari itu, SUV 7 seater alias full size SUV tidak perlu diragukan kenyamanannya, baik penumpangnya sedikit atau banyak (penuh) saat ke medan jalan berat atau ekstrem.

 

Punya Kapasitas Bagasi yang Besar

Layaknya MPV, SUV juga punya bagasi yang besar. Saat tidak banyak membawa penumpang, jok baris ke tiga dan ke dua pun bisa dilipat. Alhasil, kapasitas bagasi akan mampu menampung banyak barang bawaan dibandingkan jenis kendaraan lain. Secara keseluruhan, perihal bagasi mungkin SUV dan MPV punya karakter dan kelebihan yang tidak jauh berbeda.

 

Efisiensi Bahan Bakar Boleh Diadu

Stigma bahwa SUV lebih boros bahan bakar rupanya menjadi targrt para produsen untuk menghapusnya. Produsen mobil saat ini sedang melakukan beberapa percobaan untuk membuat mobil SUV menjadi lebih hemat bahan bakar. Berbagai upaya pun dilakukan demi tercipta mobil berdaya jelajah tinggi dan hemat bahan bakar. Upaya tersebut seperti menerapkan desain yang lebih aerodinamis dan teknologi hemat bahan bakar semisal mesin perpindahan yang lebih kecil, dan material rancang bangun canggih untuk mengurangi bobot kendaraan. Soal bobot tentu saja kerap menjadi momok pabrikan saat ingin menciptakan kendaraan hemat bahan bakar.

 

SUV Lebih Aman Ketimbang MPV

Ketimbang MPV, menurut analis industri, SUV merupakan kategori kendaraan penumpang yang paling aman. Menurut para ahli otomotif, SUV diniali sangat efektif untuk melindungi penumpang yang berada di dalam kabin. Asalkan semua penumpang mengenakan sabuk pengaman, dan anak-anak serta bayi menggunakan child seat dengan baik di kursi belakang maka keselamatan berkendara akan sangat terjamin. Selain berkat fitur-fiturnya, SUV juga lebih aman karena mengusung sasis atau rangka bangun yang lebih kuat.

 

Siap Melibas Jalanan Bermedan Berat

Memang tidak semua kendaraan SUV kerao digunakan untuk melaju di medan ekstrem alias off-road. Tapi SUV sangat memungkinkan untuk dibawa pergi ke berbagai tempat untuk menikmati petualangan luar seperti berkemah, memancing, dan hiking. Kegiatan outdoor tersebut terjamin untuk dilakukan lantaran ground clearance SUV yang tinggi. Sederhananya, sebuah SUV dapat membawa Mas Bro ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, mulai dari pantai berpasir hingga jalur hutan berlumpur.

 

Konfigurasi Jok Penumpang

Konfigurasi atau tempat duduk SUV dinilai mampu menawarkan visibilitas lebih baik daripada mobil MPV. Faktor ini dirasa mampu menambah perasaan keselamatan dan keamanan, karena memungkinkan pengemudi untuk melihat ruang terbuka di tempat parkir, puing-puing di jalan raya atau bahaya lainnya seperti berlubang. Hanya saja, akses keluar dan masuk dari mobil yang rendah dapat menjadi hal sulit bagi beberapa orang, terutama orang yang lebih tua atau mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

 

Desain Lebih Kece dan Keren

Memang banyak masyarakat yang beralih dsri MOV ke SUV karena ukuran kendaraannya lebih besar, atau memang ingin berkegiatan melewati jalur off-road. Tapi, faktanya kebanyakan orang membeli SUV karena mobil ini memiliki gaya kendaraan paling keren dan gagah. Sulit dipungkiri, ini meruoakan pilihan yang masuk akal. Selaras dengan hal tersebut, produsen mobil biasanya menawarkan fitur dan teknologi paling mutakhir ke dalam SUV sebelum menawarkannya pada MPV. Hanya saja, kembali lagi, iji hanya penilaian subjektif. Tapi bagi para Pria Intersport, tentu bakal setuju, bukan?

SUV itu lebih laki banget.

SAMPAIKAN KOMENTAR