Agar Aki Lebih Awet dan Tidak Mudah Soak, Simak Tips Perawatannya Berikut Ini

Agar Aki Lebih Awet dan Tidak Mudah Soak, Simak Tips Perawatannya Berikut Ini

29Dec
INTERSPORT.ID ON 29 December 2017
INTERSPORT.ID ON 29 Dec 2017

Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik bagi komponen lainnya, aki mobil tentu perlu dirawat dengan baik agar dapat bekerja dengan optimal. Sebab jika sudah tekor atau soak, kondisi tersebut tentunya akan mengganggu fungsi komponen-komponen mobil yang membutuhkan daya listrik.

Untuk itu, simak tips perawatan aki berikut ini!

  1. Periksa Beban Penggunaan Aki

Tips pertama adalah memeriksa beban penggunaan aki secara berkala. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa beban aki tidak lebih dari yang disarankan.

  1. Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Selain memeriksa beban penggunaan, jangan lupa juga untuk memastikan ketersediaan listrik di dalam aki. Sebab jika listrik dalam aki sudah menipis, mobil biasanya akan sulit untuk dinyalakan.

  1. Bersihkan Aki

Sama halnya dengan komponen mobil lainnya, aki ternyata juga perlu dibersihkan secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian lebih adalah terminal aki. Sebab, bagian ini sering kali tertutup oleh debu dan kotoran yang dapat menyebabkan terhambatnya hantaran listrik dari aki ke komponen mobil. Agar lebih mudah, terminal aki bisa dibersihkan menggunakan sikat kawat atau sikat plastik.

  1. Panaskan Mobil Jika Jarang Digunakan

Aki bergantung pada putaran mesin. Oleh karena itu jika mobil jarang digunakan, cepat atau lambat aki bisa tekor atau soak. Guna menghindarinya, jangan lupa memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya 5-10 menit.

  1. Lepas Kabel Aki Jika Mobil Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

Jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus yang berpotensi membuat aki menjadi tekor atau soak.

Nah, itu dia lima tips perawatan aki agar lebih awet dan tidak mudah soak. Ingat, perawatan berkala dapat membantu memperpanjang usia komponen mobil, termasuk aki. Tapi jika aki mobil sudah terlanjur soak, cara berikut ini mungkin bisa kamu coba untuk memperbaikinya.

 

Baca juga:

Hati-Hati, Ini Akibatnya Kalau Lo Keseringan Molesin Semir Di Ban Mobil

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN