Ada Yang Tau Arti Stiker Mobil Ini?

Ada Yang Tau Arti Stiker Mobil Ini?

11Oct
INTERSPORT.ID ON 11 October 2018
INTERSPORT.ID ON 11 Oct 2018

Pria Intersport! Banyak modifikator-modifikator tanah air yang menempel stiker ini pada kaca mobil bagian belakang. Bukan hanya sekedar menempel saja, melainkan memiliki arti dibalik itu semua.

Di Indonesia, banyak orang beranggapan ini adalah stiker yang melambangkan JDM (Japanese Domestic Market). Memang asalnya dari Jepang, namun pengertiannya berbeda.

Berdasarkan penelusuran Intersport.id, ini merupakan stiker sertifikasi uji emisi. Dimana memiliki batas waktu masa berlakunya, jika lewat maka polisi berhak untuk menilangnya.

BACA JUGA: TIGA PRODUK BARU MERCEDES BENZ BERTEBARAN DI SENAYAN

Lebih lanjut lagi bro, uji emisi ini dilakukan secara berkala. Biasanya waktu uji emisi pertama adalah 3 tahun setelah membeli mobil, kemudian setiap dua tahun setelah itu.

Uji emisi ini dilakukan oleh pihak ataupun perusahaan swasta yang tersertifikasi di Jepang. Hasil uji emisi berupa data tingkat emisi yang dikeluarkan mobil kita dan daftar suku cadang yang harus diganti untuk mengembalikan performa mobil ini dengan tingkat emisi yang diperbolehkan.

Untuk mendapatkan sertifikat uji emisi, semua suku cadang dalam daftar tersebut harus diganti. Biasanya ini memakan biaya yang cukup mahal yang untuk beberapa kasus biayanya melebihi biaya jika membeli mobil baru.

Pada saat itulah orang membuang mobil lamanya dan mengganti dengan yang baru. Dengan begitu, bertambahnya satu unit mobil baru di jalan diimbangi dengan berkurangnya satu unit mobil tua di jalan. hasilnya jumlah mobil di jalan konstan.

BACA JUGA: SIMPANG PANCORAN BAKAL DITUTUP! KENAPA?

 

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN