Ada Berliannya Sih, Tapi Yakin Lo Mau Ngeluarin Duit 2,3 M Buat Buku Ferrari Ini?

Ada Berliannya Sih, Tapi Yakin Lo Mau Ngeluarin Duit 2,3 M Buat Buku Ferrari Ini?

24Nov
INTERSPORT.ID ON 24 November 2017
INTERSPORT.ID ON 24 Nov 2017

Di pelelangan RM Sotheby’s New York bulan depan, Ferrari bakal melelang salah satu produknya dengan kisaran harga 125.000-175.000 dolar AS (sekitar 1,7-2,3 miliar rupiah). Angka tersebut tentu udah enggak aneh untuk mobil sekelas Ferrari.

Apa? Mobil? Sorry nih, bro, kita lagi enggak ngomongin tentang mobil Ferrari. Apa yang dimaksud “produk” seharga miliaran rupiah di atas adalah sebuah buku (ya, buku…) 852 halaman Ferrari Opus terbitan tahun 2011 yang berisi kisah sukses Ferrari baik sebagai produsen sports car maupun tim balap.

Sumber

Ferrari Opus sendiri dijual dalam tiga versi; yaitu edisi Classic, Enzo, dan Diamante seperti yang bakal dilelang di RM Sotheby’s. Diamante merupakan edisi paling mahal dengan sampul kulit berwarna merah yang dihiasi lambang “Kuda Jingkrak” dari berlian, serta ditandatangani oleh pembalap dan chairman Ferrari saat itu; yaitu Fernando Alonso, Felipe Massa, dan Luca di Montezemolo. Biar makin berkesan racing, buku ini pun ditempatkan di kotak yang terbuat dari carbon fiber.

Sumber

Sumber

Beda sama edisi Enzo yang dicetak 400 kopi, Ferrari Opus edisi Diamante lebih limited karena cuma dicetak kurang dari 200 kopi yang setiap kopinya tersebar di seluruh negara di dunia.

Harga 2,3 miliar untuk sebuah buku emang kedengarannya gila banget. Tapi harga tersebut ternyata masih lebih murah dibanding harga asli yang dipatok publisher yaitu 275.000 dolar AS atau setara 3,7 miliar rupiah.

Dengan harganya yang bisa dipakai buat beli mobil Ferrari beneran, hampir bisa dipastikan pembeli buku ini merupakan fans garis keras Ferrari dan punya satu atau lebih mobil Kuda Jingkrak di garasi rumahnya.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN