Abarth Rayakan Hari Jadi ke-70 Dengan Meluncurkan Edisi Spesial
05
Oct
2019
0 Comment Share Likes 368 View

Semua berawal sejak 31 Maret 1949 saat seorang engineer bernama Carlo Abarth bersama dengan seorang pilot bernama Guido Scagliarini membentuk Abarth & C, sebuah brand yang mengkhususkan diri untuk memproduksi mobil untuk kompetisi balap. Pada tahun 1971 Abarth dibeli oleh Fiat dan sejak saat itulah Abarth menjadi divisi racing pribadi dari Fiat. Menginjak usianya yang ke-70 pada tahun ini, Abarth bersama Fiat  meluncurkan Fiat 695 Abarth 70th Anniversary Edition.

Fiat 695 edisi 70 tahun ini merupakan mobil yang didasari dari Fiat 500, tetapi kali ini diberi sentuhan spesial tentunya. Untuk bodi walaupun sekilas tidak membuatnya berbeda jauh dari Fiat 500 tetapi tetap saja edisi spesial ini menyembunyikan fitur yang spesial juga. Fitur spesial ini bisa dilihat di bagian belakang mobil yaitu spoiler, spoiler ini diberi nama “Spoiler ad Assetto Variabille”. Terdapat 12 macam setting yang bisa di atur pada spoiler ini, bervariasi dari 0-60 derajat kemiringannya. Fiat mengklaim bahwa spoiler ini mampu menambah downforce hingga 42 kg pada saat mobil mencapai kecepatan 200km/h dan mampu mengurangi steering corrections hingga 40%. Semua aspek aerodinamis ini telah melalui serangkain tes di wind tunnel milik Fiat yang berlokasi di Turin.

Untuk pemilihan warna cat, pilihan jatuh pada warna hijau bertambahkan livery yang mereka sebut “The Monza 1958 Green Livery”. Ternyata warna dan livery ini digunakan sebagai tribut pada Fiat 500 Abarth pertama yang pada saat itu mampu menorehkan 6 rekor internasional. Livery ini sarat akan kesan retro dengan tambahan aksen abu-abu di sisi bagian pinggir bawah mobil yang juga menampilkan nama Abarth agar terlihat lebih tampan.

Di bagian interiornya pembeli akan mendapatkan jok spesial yang diberi nama “Sabelt Tricolor”, berwarna hitam dan memiliki gambar bendera Italia kecil di bagian headrestnya. Fitur lain yang juga ada di dalam mobil antara lain seperti mid console yang telah support Apple CarPlay dan Android, radio digital, dan sistem navigasi yang terinstal di layar touchscreen berukuran 7 inch.

Masih sarat dengan sejarah racing dari Abarth, Fiat 695 ini memiliki mesin 1.4 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga sebesar 180HP dan torsi sebesar 250Nm. Dengan mesin ini ia mampu berakselerasi dari 0-100km/h dalam waktu 6.7 detik dan akan dapat terus melaju hingga 225km/h jika spoiler belakang diatur pada posisi 0 derajat. Sebagai tambahan, Fiat juga melengkapinya dengan limited-slip differential, sistem pembuangan aktif yang dinamai Record Monza Exhaust, kaliper rem merah dari Brembo dan velg spesial berukuran 17 inch berbahan dasar alumunium alloy.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR