7 Teknik Foto Biar Mobil Kamu Banjir Like di Instagram
19
Jan
0 Comment Share Likes 398 View

Instagram kini bisa dibilang sebagai media populer untuk urusan foto. Platform sosial media ini pun dianggap mampu mendongkrak popularitas mobil keren besutan car enthusiast yang adiktif "jempol like". Meski terlihat sederhana, ternyata jangan sembarang jepret juga.

Di luar menjaring popularits, hasil jepretan juga bisa digunakan sebagai portofolio atau sekedar promo jual. Sekalipun mobil tersebut cuma mobil bekas.

Waktu Harus Tepat

Waktu memotret harus diperhatikan secara detail. Misalnya cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap bisa bikin hasil fotonya jadi kurang bagus. Waktu terbaik untuk memotret mobil adalah di saat beberapa menit setelah matahari terbenam atau beberapa menit sebelum matahari terbit.

Sebenarnya, persoalan pencahayaan bisa diatur pada kameranya sendiri. Tapi tentu konfigurasi kamera tersebut bisa menghasilkan foto yang kurang natural. Belum lagi proses editing yang membutuhkan tangan ahli.

Oiya, jangan lupa gunakan tripod. Tripod mampu meredam getaran dari tangan sehingga cahaya lembut tidak optimal ditangkap kamera.

Waspada Terhadap Refleksi

Karena foto mobil akan mengekspos bodi luaran, maka perlu berhati-hati dengan bayangan pantulan (refleksi).

Perhatikan area pengambilan gambarnya, objek yang tercermin di mobil juga patut diwaspadai karena kerap luput dari perhatian. Refleksi perlu dihindari agar garis desain mobil tampil lebih optimal.

Rolling Shots

Salah satu trik memotret mobil yang paling sering digunakan adalah memotretnya ketika bergerak atau bermanuver. Tapi harus hati-hati, ya.

Untuk memotret mobil sambil bergerak, idealnya mobil berada di kecepatan 40 - 60 km/jam. Kemudian langsung bidik kamera ke jendela depan mobil. Dengan posisi gambar seperti itu, dijamin hasil gambar pun akan sangat baik.

Untuk menambah kesan drama, hendaknya mobil bermanuver di jalanan berpasir atau di genangan air. Cipratan dari ban pasti bisa bikin tambah keren.

Warna Mobil

Warna mobil yang akan dijadikan objek juga harus diperhatikan. Semua jenis cat bereaksi pada waktu yang berbeda-beda dalam satu harinya. Sebagian besar warna tidak cocok jika terkena sinar matahari langsung saat dipotret. Tapi meskipun begitu, ada juga warna-warna yang justru memiliki respon sebaliknya. Misalnya warna-warna pastel atau lembut.

Background

Background atau latar juga sangat penting dalam memotret mobil. Pastikan latar sesuai dengan tema dan warna mobilnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pilihlah latar yang terbebas dari refleksi yang kemungkinan bisa mengganggu tampilan body mobillnya.

Efek Panning

Panning adalah teknik yang kerap digunakan dalam memotret mobil juga. Efek panning adalah memotret objek ketika objek berjalan. Beda dengan poin driving shots, posisi teknik panning cukup berdiri saja di sissi jalan dan tunggu mobilnya lewat.

Efek panning biasanya digunakan untuk menonjolkan kecepatan atau kemampuan si mobil. Efek latar blur akan menghasilkan ilusi bahwa mobil tengah melaju kencang.

Back to Nature

Foto mobil bisa tampak lebih hidup jika berinteraksi dengan alam. Tapi efek natural yang dimaksud harus tetap estetis dan aman. Misalnya manuver drift menghantam debu atau pasir memerlukan lapangan yang luas.

SAMPAIKAN KOMENTAR