7 Kolaborasi yang Dilakukan Sesama Kompetitor, Tapi Berhasil
16
Apr
0 Comment Share Likes 433 View

Industri otomotif adalah tempat yang beraneka ragam di mana terdapat ratusan merek otomotif berbeda yang telah muncul dalam beberapa dekade terakhir, dan banyak dari merek ini secara mengejutkan saling bekerja sama satu sama lain dalam upaya mendapatkan market share atau mengisi kekosongan dalam kendaraan yang mungkin tidak memiliki dana untuk diinvestasikan.

Kolaborasi merek terjadi dengan beberapa kendaraan terkenal, yang banyak di antaranya mungkin tidak Anda sadari adalah mobil yang sama. Ambil contoh tahun 90-an, di mana GM menjual Toyota Corolla yang dicap sebagai model Chevrolet.

Dan sebaliknya, dimana di Jepang, Cavalier dijual sebagai model Toyota dan benar-benar berhasil terjual dengan cukup baik. Ini hanyalah beberapa contoh lintas merek yang telah mengambil alih industri otomotif dalam beberapa tahun dan dekade terakhir, dan Anda akan melihat beberapa kolaborasi yang berhasil.

Lintas merek bukanlah hal yang buruk, tetapi umumnya, para pembuat mobil menjadi malas ketika harus  menciptakan produk yang benar-benar unik, dan dengan demikian, mobil-mobil tersebut dapat berupa tiruan murah.

 

  1. CHEVROLET CORVETTE & CADILLAC XLR

Tidak ada keraguan bahwa jika Anda menonton Sons Of Anarchy Anda mengintip mobil sport yang dikendarai Gemma di musim pertama, dan mobil sport ini berhasil menarik banyak perhatian orang. Cadillac XLR dibuat selama beberapa tahun dan jika terlihat familiar itu karena menggunaka basis C6 Corvette. Cadillac XLR tidak pernah benar-benar berhasil menarik perhatian konsumen, sebagian karena harga yang jauh lebih tinggi daripada Corvette yang sebanding dan fakta bahwa ia memiliki beberapa gaya yang sangat ekstrim.

 

  1. MERCURY MOUNTAINEER & FORD EXPLORER

Menjelang akhir siklus hidupnya, merek Mercury hampir seperti anak anjing yang hilang ketika datang ke jajaran kendaraan Ford, dan bila dibandingkan dengan model lain, jajaran Merkurius hambar dan tidak menawarkan sesuatu yang unik. Mercury Mountaineer adalah produk booming SUV selama tahun '90-an, dan model ini benar-benar mengambil atribut positif dari Ford Explorer dan menyempurnakannya dengan interior yang jauh lebih bagus dan eksterior yang penuh gaya yang memberikan tampilan SUV yang halus kepada konsumen.

 

  1. LEXUS SC300 & TOYOTA SUPRA

Lexus SC400 sangat dikenal baik oleh car enthusiast di era '90-an. Tapi, ada model lain yang dijual selain mobil ini yang juga menjadi produk unggulan. SC300 walaupun tidak bertenaga V8, menampilkan mesin V6 yang sama yang mungkin Anda temukan di Toyota Supra. Mobil ini juga mengundang banyak minat di komunitas tuner pada akhir-akhir ini karena Anda bisa mendapatkan kekuatan Toyota Supra untuk hampir setengah harga.

 

  1. LEXUS LX450 & TOYOTA LAND CRUISER

Lexus bukan salah satu yang tertinggal selama booming SUV mewah, dan dengan demikian, mereka merilis model yang banyak dari kita telah melihat setidaknya sekali atau dua kali, dan itu adalah Lexus LX450. SUV besar dan cantik ini tidak hanya mampu karena akarnya Toyota Land Cruiser, tetapi juga menawarkan banyak kemewahan bagi konsumen yang menginginkan sesuatu yang besar dan nyaman sekaligus. Lexus LX450 akan mencatat sejarah sebagai salah satu kolaborasi merek yang dilakukan dengan benar.

 

  1. SUBARU BRZ & SCION FRS

Sesaat sebelum Toyota memutuskan untuk melepaskan merek Scion ada beberapa model yang dirilis untuk menyelesaikan semuanya, dan salah satu model ini adalah FRS. Toyota melakukan sesuatu yang berbeda dengan model ini dan mereka mengizinkan Subaru untuk mengubah modelnya menjadi milik mereka juga, menjadikan Subaru BRZ mendunia. Mobil sport jenis ini sudah sangat populer untuk merek tersebut, dan modelnya adalah mobil sport dua pintu pertama untuk Subaru yang telah berhasil dijual dengan cukup baik.

 

  1. GEO METRO & SUZUKI SWIFT

Di Amerika, para pembuat mobil domestik jatuh cinta dengan mengimpor kendaraan asing murah selama tahun 90-an, dan Metro Geo adalah salah satu produknya. Metro Geo adalah mobil akarnya berasal dari Suzuki Swift yang pada dasarnya adalah mobil yang sama. Metro Geo adalah mobil yang jauh lebih umum untuk ditemukan, dan model itu sebenarnya adalah salah satu mobil terlaris untuk GM dan tidak ada mobil kompak sejak itu yang mencuri popularitasnya.

 

  1. GEO PRIZM AND TOYOTA COROLLA

Untuk beberapa waktu selama era 90-an, ada kendaraan yang mondar-mandir dengan lencana Chevy di atasnya yang tampak familiar, dan itu karena Geo Prizm sebenarnya adalah Toyota Corolla. Walaupun tidak ada yang unik tentang Prizm sama sekali, mobil ini berhasil terjual cukup baik untuk dan melanjutkan dengan baik ke tahun 2000-an. Prizm juga merupakan basis untuk Pontiac Vibe yang didasarkan pada platform Corolla juga, dan ini adalah salah satu dari beberapa kolaborasi yang bekerja dengan sangat baik.

SAMPAIKAN KOMENTAR