6 Tanda Mobil Anda Harus Spooring
02
Nov
0 Comment Share Likes 13 View

Sebagai pemilik kendaraan sudah sewajarnya jika anda harus dan wajib melakukan perawatan dan service secara berkala agar membuat peforma dan kondisi mobil tetap dalam keadaan baik. Apalagi jika mobil anda sering sekali digunakan serta melewati jalanan yang kurang baik yang mana membuat setir kemudi menjadi agak berat ataupun bergetar tentu saja kendaraan anda perlu melakukan spooring. Yang dimaksud dengan spooring disini adalah proses untuk meluruskan kedudukan dari keempat roda kendaraan ke posisi awal, sesuai dengan settingan awal dari pabrikan mobil.

Biasanya kedua roda yang ada di depan ini lah yang harus diatur dan siluruskan agar dapat kembali ke kondisi semula. Tak hanya spooring, biasanya perlu pula dilakukan yang namanya balancing yang mana merupakan proses penyesuaian untuk menjaga keseimbangan dari titik atas bawah ataupun kanan kiri roda kendaraan dengan menambah timah di bagian yang mengalami kekurangan. Biasanya hal ini dilakukan saat setelah penggantian dari ban atau velg, ataupun saat jarak kilometer sudah mencapai batasnya.

Proses spooring dan balancing biasanya dianjurkan dilakukan secara rutin, paling tidak ketika kilometer mobil telah mencapai 20.000 km. Namun jika mobil tersebut sering digunakan melewati jalanan yang rusak maka tentu saja harus dilakukan lebih cepatm sekitar 10.000 km. Nah berikut ini beberapa ciri-ciri mobil harus spooring yang perlu anda perhatikan.

  1. Kemudi Terasa Berat

Salah satu ciri ciri mobil yang harus spooring adalah ketika kondisi kemudi terasa berat. Kondisi kemudi yang berat ini biasanya disebbakan karena setir condong ke arah kanan atau kiri. Namun hal yang paling parah lainnya adalah kondisi setir yang tidak dapat berputar kembali ke posisi awal ketika dibelokkan. Ciri lainnya yang dapat terlihat adalah kondisi setir yang terasa membelok sendiri padahal kondisi jalanan sedang lurus.

  1. Setir Bergetar Pada Kecepatan Tertentu

Setir biasanya akan mulai bergetar pada kecepatan terentu, biasanya ketika kecepatan mencapai diatas 80 km/jam. Getaran pada setir ini biasanya hingga mencapai ke posisi penumpang yang ada di belakang bahkan disertai dengan bunyi bunyi yang berasal dari ban yang tidak seimbang. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja menyebabkan ban menjadi cepat gundul.

  1. Mobil Tiba-Tiba Berjalan Miring

Ciri ciri lainnya ketika mobil harus segera di spooring adalah ketika mobil tiba tiba berjalan miring, padahal kondisi setir dalam keadaan lurus. Selain itu, sering kali bergerak ke arah-arah tertentu yang berbeda dari arah setir. Tentu saja jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka mau tidak mau anda harus segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki lebih lanjut. 

  1. Setir Lebih Dominan Ke Kanan Atau Kiri

Kondisi setir yang lebih dominan ke kanan atau kiri juga menjadi tanda jika mobil harus segera dilakukan spooring. Saat setir dilepas, maka mobil akan lebih dominan bergerak ke satu sisi saja entah kanan atau kiri. Jika sudah seperti ini, maka tentu anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bisa juga hal ini dikarenakan tingkat kegundulan ban mobil yang tidak merata sehingga menyebabkan kondisi setir yang berat sebelah.

  1. Pengikisan Alur Ban Tidak Sama

Ciri lainnya adalah ketika terjadi pengikisan alur ban mobil yang tidak sama, bisa jadi salah satu bagian lebih tipis entah pada bagian kanan ataupun kiri. Hal ini biasanya disebbakan karena salah satu dari roda mobil ataupun keduanya berjalan miring sehingga tak seluruh ban menapak ke jalanan dengan sempurna.

  1. Roda Miring Saat Parkir

Pada saat anda memarkirkan kendaraan di tempat yang datar, coba perhatikan kondisi dari roda mobil anda. Ketika roda mobil berdiri miring dan tidak lurus, maka hal ini menandakan jika mobil harus segera di spooring.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR