50 Tahun Hotwheels: Deretan Seri Spesial yang Diluncurkan Hotwheels
29
Jun
0 Comment Share Likes 914 View

Salah satu mainan yang legendaris adalah hot wheels. Mainan miniatur mobil ini bahkan sudah menjadi bagian dari masa kecil banyak anak-anak di dunia ini. Saat ini, usia hot wheels sudah mencapai 50 tahun sejak pertama dilahirkan pada tahun 1968. Meski sudah setengah abad, hot wheels masih menjadi mainan favorit anak-anak dan menjadi incaran orang dewasa yang memang hobi mengkoleksi mainan mobil-mobilan ini.

Mainan hot wheels ini sejak awal diluncurkan sudah sering menjadi hits di kalangan anak-anak. Hot wheels pertama yang dibuat diberi nama The Original Sweet 16. Ya, memang seri pertamanya ini mengambil desain 16 mobil yang paling berpengaruh pada masanya. Seiring berjalannya waktu, hot wheels rajin mengeluarkan seri spesialnya maupun seri regulernya.

Menyambut ulang tahunnya ke-50, hot wheels kembali mengeluarkan beberapa seri spesialnya yang tentu saja ditunggu para kolektor hot wheels di seluruh dunia. Beberapa koleksinya mengingatkan pada hot wheels keluaran jadul. Berikut beberapa koleksi hot wheels spesial di ulang tahunnya ke-50

Hot wheels 50th Anniversary Original Collection

50 Tahun Hotwheels: Deretan Seri Spesial yang Diluncurkan Hotwheels

Image source: https://northmencollectibles.ca/

Koleksi ini memunculkan kembali koleksi lama dari hot wheels yang termasuk dalam The Original Sweet 16. Ada lima mobil yang diproduksi dan dijual kembali sebagai edisi spesial ulang tahun hot wheels ke-50 yaitu 1968 Cougar, Volkswagen Beetle, ’67 Camaro, Custom ’67 Mustang, dan ’67 HEMI Barracuda.

Kelima mobil tersebut hadir dengan kemasan mirip dengan edisi The Original Sweet 16 yang dijual 50 tahun yang lalu. Logonya pun dibuat menggunakan logo hot wheels lama. Tak hanya itu, di kemasannya juga disertai dengan bulatan di samping mobil. Ternyata bulatan tersebut adalah sejenis pin yang dipasang di saku baju agar terlihat keren ala anak-anak di tahun 1968 silam.

Hot wheels 50th Anniversary Favorite Collection

50 Tahun Hotwheels: Deretan Seri Spesial yang Diluncurkan Hotwheels

Image source: https://hotwheelscollectors.mattel.com/

Tak hanya menghadirkan kembali edisi original hot wheels, edisi spesial ulang tahun hot wheels kali ini juga menampilkan kembali mobil-mobil yang dianggap paling disukai oleh kolektornya selama 50 tahun diproduksi.

Terdapat 3 Mix untuk seri ini dan masing-masing Mix terdiri atas 5 model mobil. Contohnya adalah pada Mix 1. Lima model mobil yang termasuk dalam mix 1 diantaranya adalah ’56 Chevy, ’60 Ford Ecoline Pickup, ’71 AMC Javeline, ’71 Datsun 510 Wagon, dan Custom ’69 Volkswagen Squareback.

Hot wheels 50th Anniversary Throwback Collection

50 Tahun Hotwheels: Deretan Seri Spesial yang Diluncurkan Hotwheels

Image source: https://www.hobbydb.com/

Kali ini hot wheels mengajak penggemarnya untuk kembali mengingat masa lalu dan mengenang mobil-mobil yang hits pada tahun 70an hingga tahun 2010an. Mobil-mobil yang dipilih memang perwakilan dari mobil yang sangat populer pada jamannya.

Pada desain kemasannya, dicantumkan juga era pembuatan mobil tersebut sehingga orang bisa dengan mudah paham mobil tersebut hits era tahun berapa. Contohnya saja untuk mobil era tahun 70an, ’70 Dogde Charger R/T dan ’72 Ford Rhanchero dipilih menjadi wakilnya. Sedangkan ero 80an ada mobil ’83 Chevy Silverado, '85 Chevrolet Camaro IROC-Z, dan sebagainya. Tahun 90an diwakili oleh ‘99 Ford Mustang dan Dodge Viper RT/10. Camaro Convertible Concept menjadi salah satu wakil ikon mobil populer tahun 2000an. Sedangkan di tahun 2010an, ikonnya adalah '15 Dodge Challanger.

Hot wheels 50th Anniversary Model Shop Certified Prototypes

50 Tahun Hotwheels: Deretan Seri Spesial yang Diluncurkan Hotwheels

Image source: https://hotwheelscollectors.mattel.com/

Salah satu seri yang menarik dikoleksi adalah seri Model Shop Certified Prototypes. Model mobil seperti ini adalah mainan mobil hot wheels yang langsung dibuat di markas Mattel yang terletak di El Segundo, CA. Uniknya lagi, mobil akan dibuat manual dengan tangan.

Tiga mobil yang diperkirakan akan menjadi model terpilih untuk dibuat Model Shop Certified Prototypes adalah Custom Camaro, VW T1 Rockster dan New Larrywood Casting.

Cover image source: https://petrolicious.com/

Tertarik untuk membawa pulang beberapa seri spesialnya?

SAMPAIKAN KOMENTAR