5 Tips Mengingat Lokasi Parkir Mobil
11
Jun
0 Comment Share Likes 360 View

Ketika berpergian, terutama di pusat perbelanjaan dengan banyak tempat parkir, terkadang pemilik kendaraan lupa lokasi parkir mobilnya sendiri. Alhasil, setiap akan pulang, pasti terjadi kehebohan dalam mencari lokasi mobil diparkir. Luasnya lokasi parkir memang bisa meningkatkan kapasitas parkir kendaraan, negatifnya adalah membuat pemilik lupa lokasi parkirnya. Hal ini memang acap kali terjadi dan memang dialami oleh banyak orang. Berikut adalah tips bagaimana cara agar tidak lupa lokasi parkir kendaraan.

Ingat Kode Lokasi Parkir

5 Tips Mengingat Lokasi Parkir Mobil

Image source: http://kdc.com.my

Tempat parkir di pusat perbelanjaan biasanya memiliki kode lantai dan juga titik lokasi parkir. Jika diperhatikan, tulisan tersebut dicat pada pilar-pilar parkir dalam bentuk huruf, angka, atau kombinasi keduanya. Kode lokasi tersebut memang dibuat untuk mempermudah pemilik kendaraan dalam mencari kendaraannya yang sedang diparkir. Tinggal mengingat atau mencatatnya saja di ponsel, maka hal tersebut sudah mempermudah dalam menemukan lokasi mobil diparkir.

Toko Saat Masuk Pusat Perbelanjaan

Jika lokasi parkir berada dekat dengan pintu masuk pusat perbelanjaan, tinggal mengingat toko apa yang pertama ditemui saat masuk ke pusat perbelanjaan tersebut sudah bisa membantu dalam menemukan lokasi parkir. Setelah berbelanja maupun jalan-jalan, tinggal cari lagi toko tersebut dan keluar pusat perbelanjaan dari pintu yang sama lalu dengan mudah, akan bisa menemukan lokasi parkir mobilnya.

Minta Bantuan Orang Lain

Ketika sedang berpergian dengan orang lain, mintalah bantuan orang lain tersebut untuk ikut mengingat lokasi parkir. Jika sewaktu-waktu pemilik kendaraan lupa dimana mobilnya diparkir, orang lain tersebut bisa ikut membantu mengingatnya dan sekaligus memberi tahu dimana lokasi mobil berada.

5 Tips Mengingat Lokasi Parkir Mobil

Image source: http://fr.dahuasecurity.com/

Foto Lokasi Parkir

Pastinya saat ini hampir semua orang memiliki ponsel dengan fitur kamera. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengingat lokasi parkir. Caranya adalah dengan mengambil foto lokasi parkir tersebut. Dengan begitu, ketika lupa dengan lokasi mobil diparkir, tinggal melihat foto tersebut untuk mengingatnya kembali.

Manfaatkan Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi juga bisa membantu dalam mengingat lokasi parkir mobil.  Pengguna ponsel berbasis Android maupun iOS bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk membantu hal tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa membantu adalah aplikasi Google Maps.

Pada aplikasi Google Maps terbaru, terdapat pilihan bernama “Save your parking” pada perangkat Android atau “Set as parking location” pada perangkat berbasis iOS. Pilihan tersebut akan muncul jika titik biru pada tampilan peta disentuh sehingga muncul label “P” di tampilan peta pada Google Maps.

5 Tips Mengingat Lokasi Parkir Mobil

Image source: https://www.cnbc.com/

Tak hanya bisa menentukan lokasinya, pengguna juga bisa menambahkan catatan seperti kode lokasi parkir agar informasi yang disajikan semakin detail. Pada versi android, pengguna juga bisa menambahkan foto lokasi parkir. Jika kuatir baterai ponsel habis, maka lokasi tersebut bisa di bagikan ke orang lain sehingga orang lain juga bisa tahu lokasi parkir mobil.

Yang lebih canggih lagi, ketika ponsel tersambung dengan sistem di dashboard mobil melalui koneksi bluetooth atau USB, maka lokasi parkir akan otomatis terdeteksi dan tersimpan saat sambungan tersebut diputus dan pengguna keluar dari mobil.

Aplikasi yang membantu untuk mengingat lokasi parkir sebenarnya tak hanya Google Maps saja. Pada Playstore atau Appstore sudah bertebaran berbagai aplikasi yang bisa membantu orang yang mudah lupa dengan lokasi parkir misalnya saja Otocare, ParKing Reminder, Park It, dan sebagainya. Memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan tentu saja tak ada salahnya.

Cover image source: http://www.office-cambodia.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR