5 Supercar yang Jadi Langka Karena Gagal Diproduksi Massal
01
Dec
0 Comment Share Likes 285 View

Beberapa supercar yang ada di dunia ini menjadi incaran para kolektor karena jumlah mereka yang terbatas. Umumnya, alasan sebuah supercar diproduksi secara terbatas karena proses pembuatannya yang mahal dan juga handmade. Namun, ada juga supercar yang tidak sengaja diproduksi terbatas karena alasan lain. Berikut 5 supercar yang jadi langka karena gagal diproduksi massal!

 

  1. FORD GT90

Ford GT90 diperkenalkan pada Detroit Auto Show 1995. Mobil ini dimaksudkan untuk menjadi penerus GT40, yang tercermin dalam beberapa desainnya, seperti pintu yang menjadi bagian dari atap. Berbicara tentang gayanya, GT90 memiliki tampilan futuristik dengan panel bodi serat karbon yang menampilkan bentuk segitiga dan sudut yang berbeda yang dibangun di sekitar bagian honeycomb aluminium monocoque.

Mesinnya adalah mesin 48 valve, 720 hp DOHC V12 dengan 4 turbocharger, yang mampu melesat dari 0-60 mph dalam 3,1 detik. Sementara top speed bisa tembus 253 mph. Secara spesifikasi, supercar ini tidak ada masalah. Namun, Ford membatalkan rencana produksinya dan GT90 tidak pernah sampai ke publik. Dengan demikian, dunia kehilangan salah satu supercar terhebat yang bisa dibilang tidak pernah dibuat.

 

  1. JAGUAR XJ 220

Jaguar XJ 220 sebenarnya mobil yang luar biasa, dan masih sampai sekarang! Sampai hari ini, supercar tersebut tetap menjadi salah satu supercar favorit banyak Pria Intersport sepanjang masa.

Jadi, mengapa ada di daftar ini? Nah, ketika Jaguar meluncurkan mobil konsep ini, mereka mengatakan XJ 220 tersebut akan menjadi supercar all-wheel-drive V12 bertenaga, dan angka 220 dimaksudkan sebagai top speed.

Ketika mobil dikirim ke konsumen, mobil ini menampilkan V6 twin-turbo dan RWD, dan mobil itu tidak pernah mencapai kecepatan tertinggi 220 mph. Parahnya lagi, XJ 220 memulai debutnya selama masa resesi. Kurang dari 300 unit XJ 220 diproduksi antara tahun 1992 dan 1994, yang tentu saja berarti mereka menjadi barang-barang kolektor yang mahal sekarang ini.

 

Halaman selanjutnya

 

  1. LISTER STORM

Perusahaan balap terkenal asal Inggris, Lister, membangun Storm pada awal 90-an. Struktur bodi terbuat dari aluminium dan bempernya karbon-kevlar, membuatnya sangat ringan. Didukung oleh 550 hp 7,0 liter Jaguar V12 bersumber dari XJR-9, yang menang di Daytona, Storm mampu mencapai top speed hingga 211 mph.

Lister Storm bersaing di FIA GT Championship dan 24 Hours Le Mans, 24 Hours Daytona, dan Sebring 12-Hours, tetapi gagal menyelesaikan banyak balapan karena masalah mekanis.

Hanya 4 unit versi road-legal dari Storm yang berhasil dibangun dan 3 unit di antaranya masih ada sampai sekarang. Harga yang sangat tinggi tentu menjadi alasan mengapa hanya 4 unit yang dibangun sebelum produksi berakhir.

 

  1. BUGATTI EB110

Sekarang ini, semua orang telah mendengar tentang Bugatti Veyron dan penggantinya, Bugatti Chiron. Tapi sebenarnya ada Bugatti yang sangat cepat di tahun 90-an juga, dan hanya car enthusiast yang mengetahuinya.

Bugatti EB110 diresmikan pada 15 September 1991, tepat 110 tahun setelah kelahiran Ettore Bugatti, maka nama EB110 dipilih. Dibangun di Italia setelah perusahaan Italia memperoleh hak atas nama Bugatti, EB110 menampilkan mesin V12 3,5L quad-turbo yang luar biasa.

Sayangnya, Bugatti mengalami masa-masa sulit pada tahun 1995 setelah beberapa investasi yang terlalu ambisius dan akhirnya ditutup. Mereka hanya membangun sekitar 100 unit selama lima tahun. Untungnya, Bugatti sekarang kembali membuat beberapa mobil tercepat yang pernah ada di dunia.

 

  1. VECTOR W8

Pada tahun 1989, Vector Aeromotive Corporation menggunakan proses manufaktur yang disebut sebagai Aeromotive Engineering untuk membangun Vector W8. Desain supercar yang satu ini benar-benar dibuat dengan garis yang tegas dan tajam, bahkan bagian kaca depan dibuat sangat landai dan hampir rata.

Tenaganya berasal dari V8 twin-turbocharged 6.0L yang menghasilkan 625 hp. Mesin ini mampu membuat supercar ini dari 0 hingga 60 mph dalam sekitar 4 detik, dan top speed diklaim 240 mph.

Pada tahun 1993, Vector diambil alih oleh perusahaan lain dan produksi berakhir setelah hanya memproduksi 22 unit, termasuk 17 mobil konsumen, dua mobil pra-produksi, satu prototipe awal, dan dua prototipe pengganti. Pada masa itu, produksi W8 memiliki harga dasar $ 283,750 dalam kondisi baru.

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR