5 Pembalap Formula 1 yang Punya Julukan Keren
13
Jun
0 Comment Share Likes 71 View

Formula 1 sebagai ajang balapan tersohor di dunia otomotif menyisakan cerita tersendiri bagi para pembalapnya. Para pengemudi jet darat tersebut harus menempuh risiko kecelakaan dahsyat seiring tarikan gas yang menambah angka spidometer digital mereka. Risiko kecelakaan bisa menimpa di setiap serinya, dan ini merupakan fakta yang membuktikan bahwa besarnya pengorbanan seorang pembalap demi titel juara.

Pembalap Formula 1 bukan saja harus menanggung risiko kecelakaan namun juga ada fakta menarik lainnya. Misalnya saja harus kehilangan berat badan usai balapan. Ini bukan mitos, pasalnya para pembalap harus menahan tekanan gravitasi alias G-Force dengan sangat luar biasa di bawah temperatur yang sangat tinggi pula. Biasanya, seorang pembalap akan berhadapan dengan G-Force hingga mencapai 4-5 G. Dengan tekanan sebesar itu, maka kemungkinan seorang pembalap kehilangan sampai empat kilogram dalam sekali balapan akan sangat besar terjadi. Itulah sebabnya driver F1 harus bisa mengatur pola dan asupan makanannya dengan teratur agar berat badannya tetap ideal.

Bukan hanya berat badan, cairan dalam tubuh pembalap Formula 1 juga akan banyak kehilangan. Dalam satu seri saja, pembalap diprediksi mampu kehilangan cairan sekitar tiga liter. Tentu ini akan berpengaruh pada fisik dan mental mereka. Untuk mengatasi kondisi ini, maka para pembalap F1 pun dibekali minum di dalam kokpit mobilnya. Sedotan kecil yang dihubungkan langsung ke mulut pembalap pun disertakan. Bukan sembarangan cairan, minuman pembalap harus mengandung kadar mineral yang tinggi.

Fakta menarik lainnya adalah julukan. Pembalap F1 kerap menyandang julukan yang diberikan oleh para penggemar ataupun pihak lainnya. Julukan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan bagi para pembalap. Dari beberapa pembalap, ada yang diberi julukan dengan nama hewan, ada juga yang berdasarkan sebuah insiden yang dialaminya.

Berikut adalah 5 pembalap Formula 1 yang punya julukan keren.

  1. Hunt The Shunt, James Hunt

Julukan pertama adalah Hunt The Shunt. Bagi Mas Bro yang pernah menonton film bertema F1 dengan judul "Rush" pasti sudah tidak asing dengan julukan "Hunt" ini. Singkatnya, di film itu Chris Hemsworth yang juga merupakan pemeran Thor di Marvel Universe, memerankan pembalap F1 James Hunt. James Hunt merupakan juara dunia F1 tahun 1976. Tapi tunggu, julukan The Shunt bukan berawal dari situ.

"Shunt" dalam bahasa Indonesia berarti "tabrakan". Nah, ceritanya bermula dari sana. Waktu awal karier balapannya Hunt pernah mengalami tabrakan yang bisa dibilang sangat hebat. Dari insiden tersebut, Hunt pun akhirnya mendapat julukan "Hunt The Shunt". Julukan ini terdengar ear catchy lantaran punya rima yang sama. Lebih dari itu, berkat julukan tersebut Hunt tampil seperti orang gila yang terus memimpin seri balapan hingga keluar sebagai juara dunia F1 pada 1976.

  1. The Rat, Niki Lauda

Nama Niki Lauda cukup sering disebut belakangan ini. Niki dikabarkan telah tutup usia baru-baru ini di usianya yang ke 90 tahun. Di luar pemberitaan itu, Niki Lauda pun menyandang satu julukan yang mengacu pada fisiknya.

Niki Lauda dikatakan punya banyak drama semasa kariernya dulu di ajang balapan F1 di samping bakatnya yang luar biasa. Hingga akhirnya Niki terlibat kecelakaan yang meninggalkan bekas luka bakar di wajahnya. Wajahnya tersebut kemudian dianggap mirip tikus, dan julukan The Rat pun tersemat di dirinya.

Sejatinya, The Rat bukan hanya berkat wajahnya, namun performanya memacu jet darat yang cepat seperti tikus juga menjadi alasan julukan ini hadir. Selain The Rat, Niki Lauda juga punya julukan The Computer, King Rat, dan Super Rat.

Julukan ini terus menempel di dalam diri Niki Lauda. Hingga puncak karirnya yang mampu mengangkat trofi juara dunia F1 sebanyak 3 kali.

Hmm... jangan meremehkan tikus, ya.

  1. The Iceman, Kimi Raikkonen

Pembalap Formula 1 yang punya julukan keren lainnya adalah Kimi Raikkonen. Kimi punya julukan keren bak pahlawan super, yaitu The Iceman. Julukan ini hadir bukan hanya karena dirinya berasal dari Finlandia, sebuah negara es yang didominasi iklim dingin. Julukan The Iceman atau manusia dingin menempel di diri Kimi Raikkonen karena memang secara karakteristik, dirinya punya kepribadian datar dan dingin. Baik ke pembalap lain hingga ke para wartawan.

Dalam karier balapannya di F1, Kimi turun dalam dua kesempatan terpisah. Yang pertama adalah dari musim 2001 sampai 2009 dengan bergabung Sauber (2001), McLaren (2002-06), dan Ferrari (2007-09). Ia kemudian berhasil menjadi juara dunia F1 di musim perdananya bersama Ferrari pada tahun 2007. Pada akhir musim 2009, kontrak Kimi di Ferrari diputus dan digantikan oleh Fernando Alonso.

  1. Honey Badger, Daniel Ricciardo

Bagaimana? Keren kan kedengarannya? Honey Badger. Lalu siapa yang punya julukan Honey Badger ini?

Jawabannya adalah sang juara F1 seri Monako 2018 kemarin, Daniel Ricciardo. Honey Badger sendiri punya arti Musang Madu. Julukan ini tersemat di diri Daniel lantaran alasan yang sangat sederhana, hanya karena sebuah video.

Suatu waktu Daniel Ricciardo diperlihatkan sebuah video dokumenter oleh pelatihnya tentang hewan musang madu. Melihat kehebatan musang tersebut, Daniel langsung suka dan sontak sang pelatih pun menyebutnya memiliki kualitas musang madu.

Alasan yang sederhana dan aneh.

  1. The Professor

Kalau sudah punya julukan ini, entah orang di dunia manapun, baik otomotif maupun jenis olah raga lainnya pasti punya kualitas yang luar biasa. Di dunia balap Formula 1 julukan The Professor disematkan kepada Alain Prost. Ia merupakan pembalap berbakat penuh talenta dan kecerdasan yang tinggi. Prost dikenal sebagai pembalap yang ekonomis dan efisien sehingga julukan The Professor tidak salah jatuh pada dirinya.

 

Menurut Mas Bro Pria Intersport julukan siapa nih yang paling keren? Atau punya kandidat pembalap lain?

SAMPAIKAN KOMENTAR