5 Gejala Ban Perlu Balancing
25
Oct
2019
0 Comment Share Likes 361 View

Keseimbangan (balancing) sangat penting dalam perihal laju kendaraan. Oleh karena itu, balancing sangat dibutuhkan demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Balancing bisa terjadi lantaran beberapa hal, salah satunya karena ban.

Ban yang tidak seimbang bisa menyebabkan kerusakan bahkan pada kendaraan baru dan dapat membatasi kinerjanya. Dengan demikian, Mas Bro sekalian perlu mengidentifikasi gejala ban yang tidak seimbang. Kebanyakan dari kita kerap tidak memperhatikan hal ini dan akhirnya menghadapi banyak permasalahan yang timbul pada mobil kita. Jadi bisa dipastikan, periksalah kondisi ban agar kendaraan tetap seimbang.

Untuk mengetahui gejala ban tidak balance pada mobil kesayangan sangatlah mudah. Ini akan terasa saat Mas Bro sendiri yang melakukan driving. Dari situ Mas Bro akan merasakan gejala ban yang perlu di-balancing atau tidak. Ya, untuk selanjutnya Mas Bro tidak perlu menunggu orang lain untuk memberi tahu tentang ban yang tidak seimbang.

Selain itu, segera perbaiki masalahnya setelah Mas Bro merasakan gejala ban yang tidak seimbang. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap stabilitas dan kinerja mobil. Inilah tanda-tanda roda pada kendaraan Mas Bro sekalian perlu di balancing, yaitu :

  1. Getaran

Getaran dari kemudi adalah salah satu pemberitahuan paling awal yang bisa Mas Bro rasakan untuk mengetahui bahwa ban mobil sudah tidak seimbang. Bahkan ketidak seimbangan di ban dapat menyebabkan getaran pada roda kemudi.

Awalnya, getaran ini hanya akan terbatas pada setir saja, tapi kalau dibiarkan akan menganggu komponen – komponen yang ada pada dasbor depan. Nah, bahkan yang paling parah tempat duduk di depan dan di belakang akan mulai merasakan getaran, dan ini akan sangat membahayakan.

  1. Masalah Dengan Kemudi

Ban yang tidak seimbang benar-benar bisa menjadi tantangan bagi Mas Bro untuk mengemudikan kendaraan di jalanan dengan kecepatan tinggi. Pengemudi akan dibuat tidak nyaman dan tidak menyenangkan serta membuat kenderaan lebih sulit untuk dikendalikan.

Tingkat ban yang tidak seimbang juga akan mengurangi putaran ban mobil. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko menghadapi kecelakaan mobil karena respon roda kemudi mobil yang lambat.

  1. Telapak Ban Aus Tidak Merata

Seberapa sering Mas Bro mengecek keausan ban yang tidak rata? Pernahkah Mas Bro memperhatikan mereka dengan saksama? Jika tidak, maka sudah saatnya untuk lebih sering memeriksanya. Keausan yang tidak normal pada telapak ban mobil kesayangan Mas Bro sebenarnya adalah petunjuk yang mengindikasikan tingkat ban yang tidak seimbang. Oleh karena itu, Pria Intersport menyarankan pemeriksaan visual terhadap ban mobil Mas Bro sesering mungkin.

Jika kalian melihat bagian sisi ban lebih aus dari pada sisi yang lain, ini menunjukkan ban mobil kesayangan Mas Bro tidak seimbang. Mengganti ban dengan yang baru adalah menjadi solusi terbaik, tetapi merotasi dengan ban yang lain sebagai perbaikan sementara juga bisa menjadi solusi alternatif yang dianjurkan. Dan jangan lupa untuk menyeimbangkan (balancing) ban segera setelah Mas Bro memasang ban yang baru.

  1. Bantalan Rusak dan Guncangan Buruk

Bearing dan guncangan buruk juga merupakan salah satu indikasi yang mengarah ke ban mobil yang tidak seimbang alias butuh balancing. Bearing dan guncangan ini biasanya terjadi dalam kondisi ekstrem atau saat mobil Mas Bro sekalian berfungsi di luar kondisi wajar (mengangkat beban yang berlebih). Mas Bro harus mengambil tindakan segera terhadap gejala-gejala ban yang tidak seimbang ini untuk mencegah kerusakan lebih parah pada mobil kesayangan kalian.

Guncangan tiba-tiba juga akan menghambat kinerja mobil seiring dengan jarak yang ditempuh. Jika Mas Bro tidak menyelesaikan masalah ini segera, kalian mungkin akan merogih kocek lebih dalam untuk mengganti banyak komponen mobil kesayangan. Ini juga akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ban kendaraan yang pastinya akan berujung pada penurunan performasi.

  1. Mobil Menjadi Boros

Ban yang tidak seimbang akan menghambat kerja mesin mobil. Ya, kalian mungkin menganggap ini mungkin berlebihan. Saat Mas Bro mengendarai mobil kesayangan dengan ban yang tidak seimbang, ini akan mengakibatkan mesin bekerja lebih ekstra. Kerja ekstra pada mesin mobil akan berakibat buruk pada kinerjanya dan fungsi komponen – komponen mesin. Kerja mesin yang berlebihan mengakibatkan efisiensi bahan bakar menjadi lebih buruk dan boros.

Itu dia tadi Bro soal gejala - gejala ban perlu balancing. Jangan anggap remeh kalau Mas Bro sekalian merasakan gejala tersebut ya. Balancing diperlukan bukan hanya untuk menjaga performa namun juga menjamin keselamatan berkendara.

SAMPAIKAN KOMENTAR