4 Mobil Klasik Jepang ini Kerennya Timeless!
11
Oct
0 Comment Share Likes 368 View

Mobil-mobil tua banyak banget yang keren di jamannya. Ada juga yang tingkat kekerenannya lenyap ditelan jaman. Tapi, ada juga yang kerennya gak lekang dimakan oleh waktu alias timeless. Umumnya sih, yang kerennya gak abis-abis ini adalah mobil tipe sport, bro. Berikut ini ada deretan mobil-mobil Jepang era 1980-an yang sekarang tetap dibilang keren dan punya reputasi yang tinggi juga.


1. Toyota MR2
Mobil 2 seater yang compact ini punya julukan Mister Two (Mr. 2). Pada tahun 1979, Toyota ingin membuat sebuah mobil yang performanya mengesankan, tapi tetap irit bahan bakar. Lima tahun kemudian, lahirlah Toyota MR2 yang pertama kali diperkenalkan tahun 1984. Mobil ini menjadi salah satu mobil yang paling gesit di jalan pada masa itu. Pasalnya, Toyota menempatkan mesinnya di tengah, sehingga aerodinamis dan keseimbangannya juga baik. MR2 juga jadi mobil komersil pertama yang menggunakan konfigurasi mesin tengah (mid-engine). MR2 sendiri merupakan singkatan dari Mid-engine, Run-about (kendaraan kecil), 2 seater. Namun, tak sedikit yang bikin plesetan menjadi Mid-engine, Rear-Wheel Drive, 2 seater.


Awalnya, Toyota membekali MR2 dengan mesin 3A-LU dengan tenaga 84 hp. Lalu, terjadi peningkatan lagi dengan menggunakan mesin 4A-GE dengan tenaga 124 hp. Masih belum puas, di tahun 1986 Toyota memperkenalkan varian terbaru dengan supercharger, yaitu 4A-GZE yang punya tenaga 145 hp. Dengan bobotnya yang hanya 950 kg, otomatis membuat MR2 jadi yang paling gesit di jalanan kala itu. Tahun 1989 masuk generasi kedua, kali ini mesinnya diganti dengan mesin 2.0L 3S-GTE yang punya tenaga 242 hp meski mesin dalam kondisi standar. Beratnya juga hanya bertambah sekitar 160 kg aja, bro. Nama MR2 masuk dalam jajaran mobil Toyota terkeren sekelas Celica dan Supra.


2. Nissan Silvia S13
Buat para Pria Intersport yang suka banget dengan drift pasti kenal dengan mobil yang satu ini. Di luar Jepang, Nissan Silvia lebih dikenal dengan 180SX, 200SX, dan 240SX. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder, 2 pintu, dan konfigurasi 2+2 seater. Nissan Silvia S13 merupakan generasi kelima dari Silvia yang diproduksi pada 1989-1994.


Mesinnya juga terus mengalami peningkatan sejak pertama kali dipasarkan. Hingga tahun 1990, Nissan membekali mobil ini dengan mesin legendaris SR20DET, mesin yang berperforma dan berpotensi tinggi. Bayangin aja, dalam kondisi standar mesin ini menyembunyikan tenaga sebesar 200-250 hp. Setelah dimodifikasi, tenaganya bisa menyentuh angka 400-500 hp.


3. Nissan Skyline R32 GT-R
Nama dari Skyline GT-R sendiri sudah sangat melegenda, bro. Namun, ada lagi varian dari Skyline GT-R yang menorehkan legenda tersendiri. Pasalnya, Nissan Skyline R32 GT-R dianggap sebagai mobil yang berjasa dalam menaikkan pamor GT-R di mata dunia internasional. Berawal dari mobil ini juga julukan The Godzilla melekat.


Dalam keluarga Nissan Skyline, tipe GT-R merupakan kasta yang tertinggi. Nissan Skyline R32 GT-R lahir setelah penantian panjang dimana Nissan sempat berhenti membuat varian GT-R dari seri Skyline. Saat kelahirannya di tahun 1989, Nissan menargetkan untuk mengungguli Porsche 959 yang merupakan mobil komersil street legal tercepat di dunia.


Performanya enggak main-main, bro. Hal ini dibuktikan dengan menangnya Nissan Skyline R32 GT-R di ajang Japanese Touring Car. Total kemenangannya juga sangat fantastis, yakni 29 kemenangan dari 29 seri alias menang sempurna! Mobil ini juga memenangkan banyak kejuaraan balap lainnya. Mesin yang digunakan adalah mesin legendaris RB26DETT yang punya tenaga 320 hp. Namun, karena kesepakatan para produsen mobil Jepang, tenaganya diturunkan menjadi 280 hp. Meski begitu, Nissan sengaja mendesain mesin ini agar mudah mencapai tenaga 500 hp. Bahkan, beberapa tuner sudah pernah ada yang melampaui angka 1000+ hp.


4. Toyota AE86
Mobil yang satu ini jelas sudah tidak asing lagi deh. Bicara soal Toyota AE86 atau yang biasa disebut dengan Toyota Trueno juga tak lepas dari Initial D. Anime ini memang menjadikan mobil tersebut sebagai tokoh utama, membuatnya semakin terkenal bukan hanya di kalangan car enthusiast. Satu yang orang jarang tahu adalah AE86 termasuk ke dalam keluarga Corolla, tepatnya generasi kelima. Biasa juga disebut dengan Corolla GT-S. AE86 yang diproduksi tahun 1983-1987 menjadi Corolla terakhir yang mengandalkan RWD yang juga sudah dilengkapi dengan all-wheel disc brake.


Mesin yang digendongnya merupakan salah satu mesin yang legendaris, yakni 4AGE. Mesin ini memiliki tenaga hingga 128 hp dan terkenal mudah di-tuning, bro. Selain karena anime Initial D yang bertemakan drifting, reputasi Toyota AE86 meroket karena mobil ini menjadi andalan drifter legendaris asal Jepang, Keiichi Tsuchiya. Tsuchiya dijuluki sebagai Drift King, karena beliau ini yang menciptakan teknik mengemudi tersebut.

Menurut Pria Intersport, mobil klasik Jepang apa lagi nih yang kerennya timeless? Share di kolom komentar yaa..

SAMPAIKAN KOMENTAR