4 Fitur Mobil yang Wajib Ada Saat Musim Hujan, Salah Satunya Tercipta Karena Jengkel
05
Dec
0 Comment Share Likes 290 View

Musim hujan telah tiba! Bagi mayoritas pengguna mobil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tapi jika tidak waspada justru akan berakibat buruk bagi keselamatan.

Oleh karena itu, demi meminimalisir kecelakaan saat mengemudi mobil di tengah hujan, para produsen mobil kini telah melengkapi mobil-mobil besutannya dengan segudan fitur keamanan.

Lalu apa saja fitur yang wajib ada pada mobil ketika musim hujan datang? Simak penuturan berikut ini.

Fog Lamp

Akibat intensitas hujan yang tidak sedikit, jarak pandang pengemudi mobil pun akan semakin terbatas. Belum lagi ketika visibilitas terganggu lantaran kabut di jalanan mulai naik.

Fitur fog lamp atau sering disebut juga lampu kabut, sudah menjadi komponen yang umum ditemukan. Fog lamp dapat membantu tingkat visibilitas pengemudi lebih jelas ketika kabut atau hujan turun.

Fog lamp umumnya ada di depan mobil, tapi sebagai antisipasi yang lebih baik, fog lamp juga hendaknya ada di buritan. Ini tentu saja akan membantu mobil di belakang untuk mengetahui posisi kita.

Intermittent Wiper

Intermittent wiper adalah fitur kontrol jeda wiper pada mobil. Fitur ini memang sudah sangat umum tersemat di berbagai jenis kendaraan. Ketika frekuensi hujan tinggi, maka jeda wiper yang diharapkan juga akan semakin singkat.

Menariknya, fitur ini tercipta akibat rasa jengkel pengemudi mobil. Robert Kearns adalah dalangnya, ia merupakan pencipta dari fitur ini pada tahun 1963. Kearns yang saat itu mengendarai Ford Galaxie miliknya di tengah hujan merasa jengkel lantaran gerakan wiper terlalu cepat padahal rintik hujan cuma sedikit. Dengan latar belakangnya sebagai penemu, maka dimodifikasilah wiper tersebut dengan pengaturan jedanya sesuai curah hujan.

Defogger

Fitur ini biasanya ada di bagian kaca belakang dan spion. Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna untuk menghangatkan kaca-kaca agar tidak ada lapisan embun di sana. Defogger alias anti embun dinilai sangat membantu dalam membantu visibilitas pengemudi yang kerap terganggu oleh butiran air yang menempel di spion.

Defogger sendiri ada dua jenis, yakni dengan menggunakan udara dan elektrik. pada bagian kaca depan biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dashboard. Sedangkan pada bagian belakang mobil, menggunakan defogger elektrik, dan alatnya terletak di bagian kaca belakang.

Rem ABS

Fitur keselamatan bagi pengemudi mobil saat hujan lainnya adalah fitur rem ABS atau Antilock Breaking System. Fitur ini akan bekerja ketika dilakukan pengereman mendadak pada saat kecepatan tinggi pada kondisi jalan kering. Sedangkan di medan basah, ABS akan membantu ban mobil tidak slip akibat jalan licin.

Tanpa fitur ABS, mobil yang harus melakukan penghentian mendadak di jalan licin, keempat bannya akan terkunci. Hal tersebut akan membuat mobil tetap meluncur dan susah dikendalikan.

Itu tadi 4 fitur pada mobil yang wajib ada pada saat musim hujan datang. Meskipun diperkaya fitur keselamatan, pengemudi tetap harus waspada dengan segala kemungkinan bahaya yang terjadi.

SAMPAIKAN KOMENTAR