3 Hal Praktis Merubah Tampilan Stir Mobil
04
Jul
0 Comment Share Likes 162 View

Tampilan pada interior bagi Car Enthusiast selalu dijadikan acuan jati diri sang pemilik mobil. Namun semua unsur dalam Proper Car Modification tentunya harus related dengan konsep maupun tema yang dipilih. Pada dasarnya dengan merubah tampilan pada steering wheel atau stir tentunya langsung membuat interior menjadi lebih menarik.

Cara termudah adalah menggunakan stir racing, namun yang harus diperhatikan ada tidak semua brand aftermarket telah dilengkapi dengan airbags. Saat ini hanya ada satu brand after market yang menyediakan stir dengan air bags dan bahkan stir racing aftermarket tersebut baru menyediakan hanya untuk dua jenis mobil saja.

Lalu bagaimana cara merubah tampilan mobil melalui memodifikasi stir. Cara termudah adalah membungkus atau istilah kerennya adalah retrim stir mobil. Dengan melapisi bagian 'roda' stir tidak merusak atau mengurangi fungsilitas airbags. Saat ini banyak pilihan bahan untuk melapisi stir agar tampilannya makin meningkat, bahkan bahan yang digunakan dapat saling dikombinasikan.

Paling tidak ada tiga bahan yang umum digunakan untuk melapisi stir, yakni kulit (suede), stiker dan kayu. Ketiga tentunya memiliki untung - rugi yang tentunya masih dapat toleransi sehingga unsur keamanan, kenyamanan dan style sesuai Proper Car Modification tetap diperoleh. Berikut penjelasan tentang bahan yang dapat digunakan untuk stir mobil kesayangan anda:

Bahan kulit

Mengunakan bahan kulit sebagai pilihan retrim, tentunya akan memberi kesan interior berbeda dengan mobil lainnya. Terlebih dengan menggunakan kulit asli, suede dan sintetis dapat mengkombinasikan warna sesuai keinginan, minimal menyesuaikan bagian interior mobil. Dari ketiga bahan tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan.

Memang bahan suede dan sintetis tergolong lebih murah dan tidak cepat panas ketika terkena cahaya Matahari. Suede cenderung tipis sehingga jahitan mudah terlepas dan lebih cepat kotor. Sedangkan bahan sintetis, tidak lebih awet dari bahan kulit asli tetapi lebih mudah dirawat. Jadi kami sarankan lebih baik menggunakan bahan kulit asli yang sanggup bertahan lebih dari 5 tahun dan warnanya tidak cepat pudar.

Menggunakan kulit asli sangat disarankan, bukan tanpa sebab tetapi lebih mengejar unsur kenyamanan. Kulit asli yang memiliki karakter seperti kulit manusia sehingga ada pori-pori. Bagian pori-pori pada kulit sebagai pelapis stir mobil dapat memberikan efek sirkulasi udara saat digenggam dan tentunya memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Menggunakan kulit asli tentunya memberikan nilai berbeda, terlepas dari harga yang cukup tinggi.

Namun yang paling membedakan dalam menggunakan bahan kulit untuk melapisi stir mobil adalah rajutan atau jahitan. Model dari jahitan untuk menyambungkan bahan kulit maupun suede dapat membedakan tampilan, paling tidak ada delapan model jahitan sebagai pembedanya.

Bahan kulit asli dianggap paling nyaman karena sifatnya, harga tentu bukan kendala apalagi Pria yang memiliki selera tinggi. Namun perawatan wajib dilakukan dengan cairan khusus agar kulit tidak kering karena efek sang Surya sehingga berujung munculnya retakan. Pria Intersport pasti selalu menjaga kebersihan dan tentunya merawat mobil kesayangan kan.

Bahan Kayu (Wooden)

Unsur kayu yang digunakan pada interior dapat memberikan kesan mewah pada mobil, aksen kayu secara tidak langsung menjadi pemanis. Aksen kayu dapat dipasangkan pada dasbor hingga panel pintu, namun tentunya tidak bisa asal pasang. Bahkan beberapa produsen mobil telah menggunakan unsur kayu pada bagian interior demi menaikkan penampilannya. Begitu pula pada stir mobil dan kepala tuas transmisi.

Untuk stir mobil yang ingin diubah dengan menambahkan unsur kayu, tentunya harus melakukan kustom. Model hingga serat dan warna kayu yang selalu menjadi konsentrasi bagi Car Enthusiast. Hal ini tentunya membutuhkan proses karena pengerjaannya masih didominasi oleh hand made. Dengan kata lain, pemasangan kayu pada stir harus dibentuk hingga sesuai kebutuhan dan nyaman digenggam.

Walau masih dianggap licin, tetapi dengan kombinasi dengan bahan kulit dan kayu tentunya dapat membuat stir tetap aman digunakan. Namun semua dikembalikan dengan kebutuhan dari setiap pemilik mobil. Jadi tidak ada salahnya, jika telah melapisi stir dengan bahan kayu. Maka tidak ada salahnya dengan menambahkan unsur kayu pada bagian interior lainnya seperti dasbor, panel pintu hingga kepala tuas transmisi.

Namun ada yang lebih praktis, yakni menggunakan stiker dengan motif kayu. Pemasangannya sebenarnya cukup sulit, hanya mereka yang telah ahli dapat melakukan pekerjaan ini.

Bahan karbon

Stir dengan bahan karbon tentunya memiliki nilai tersendiri bagi para Pria Berselera Tinggi, namun tidak semua produsen mobil menghadirkan stir model ini. Bahkan cukup banyak after market telah menyediakan stir yang mengalami modifikasi dengan bahan karbon. Tetapi ada yang harus diketahui atau perhatikan adalah kemampuan atau kekuatan bahan karbon dari stir tersebut.

 

Namun jika ingin memesan langsung secara kustom, sebenarnya cara pemasangannya seperti halnya pada bahan kayu.  Dengan tetap harus melakukan kustom agar sesuai dengan stir bawaan mobil, tentunya harganya memang tidak murah. Dengan modifikasi stir mengunakan bahan karbon, penampilan tentunya makin memberikan kesan sporty.

Namun khusus pada bahan ini, cara pembuatannya seperti halnya bahan karbon lainya. Pencetakan harus dilakukan dengan membuat moulding terlebih dahulu. Hal ini yang membuat harga cukup tinggi, terlebih harus melakukan kostum. Memang rumit tetapi hasilnya sangat memuaskan bagi Pria Berselera Tinggi.

Sedangkan cara termudah adalah melapisi stir dengan stiker karbon look. Dengan media yang tidak lurus atau banyak lekukan, maka membutuhkan kemampuan khusus agar aplikasi stiker karbon terlihat rapi dan bagus. Sambungan antar stiker pun harus disembunyikan sedemikian mungkin agar kasat mata. Memang lebih rendah biayanya dibanding menggunakan bahan karbon, tetapi tingkat kesulitannya cukup tinggi.

 

Dengan menggunakan ketiga bahan yang berbeda tentu penampilan mobil dapat diubah dengan signifikan. Bahkan ketiga bahan ini dapat diaplikasikan secara bersamaan atau pun dikombinasikan sesuai dengan target modifikasi. Tentunya semua tergantung konsep dan keinginan demi mencerminkan jati diri. Urusan warna yang diinginkan tentunya dapat disesuaikan dengan interior mobil.

 

Para Pria Intersport tentunya telah mengetahui konsep yang diinginkan, pilihan tentunya sesuai target dalam melakukan Proper Car Modification.

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR