10 Hot Wheels Termahal, Harganya Makin Nggak Masuk Akal!
05
Apr
0 Comment Share Likes 120 View

Buat para Pria Intersport yang suka mengumpulkan atau koleksi mainan Hot Wheels tentu sudah banyak koleksinya, ya? Hot Wheels memang sangat cocok jadi mainan sampignan buat pecinta otomotif. Hot Wheels, seperti yang kita banyak tahu, kerap membuat mainan replika alias diecast berbagai kendaraan. Mulai dari mobil, motor, hingga bentuk-bentuk yang imajinatif (fantasi).

Hot Wheels berdiri sejak tahun 1968 dan sudah memproduksi jutaan unti mainannya. Untuk mainan mobilnya sendiri ada muscle car, mobil balap, truck, mini-van, bahkan mobil dengan bentuk yang gak jelas juga ada. Nah, soal harganya sendiri tidak terlalu mahal di kisaran Rp30 hingga Rp50 ribuan saja. Tapi, tahan dulu rogohan koceknya, karena itu untuk model atau bentuk yang biasa-biasa saja, mas bro.

Di unit produksi Hot Wheels ada barang langkanya juga. Bicara barang langka, tentu harganya juga tidak sembarangan. Umumnya unit langka lansiran Hot Wheels dibeli oleh para kolektor saja. Hot Wheels memang sudah menjadi item yang layak untuk dikoleksi, dan bahkan bisa mendatangkan rejeki.

"Terus harga unit langka yang mahal itu sampai berapa sih, mas bro?"

Biar lebih jelasnya, nih 10 Hot Wheels yang harganya selangit sepanjang masa.

  1. Olds 442 Purple 1971

Di tempat pertama ada model Oldsmobile 442. Sekilas, memang tidak ada yang aneh. Tapi justru warnanyalah yang membuatnya langka dan dipasang harga selangit. Sebagian besar model Olds 442 yang dibuat Hot Wheels biasanya berwarna magenta. Malah sebagian unitnya lagi lebih dominan berwarna pink. Kendati warna ungu juga sebenarnya ada beberapa, tapi sebagian besar daripadanya tidak dalam kondisi yang baik. Harga Olds 442 Purple 1971 ini dilaporkan menyentuh banderol US$ 1.400 - US$ 2.000 (Rp 20 juta - 29 juta), mas bro. Kalau beli mobil bekas, dapat mobil apa, ya?

  1. Volkswagen Beetle 1968 Custom Tanpa Sunroof

Awalnya, Hot Wheels model Volkswagen Beetle 1968 Custom tanpa Sunroof hanya tersedia di Eropa. Sebagian besar model ini dijual di Jerman dan Inggris, ya meskipun dibuatnya di Hong Kong. Model Volkswagen Beetle 1968 Custom tanpa Sunroof ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu desain interiornya yang berbeda dan tidak ada jendela plastik di samping seperti model Volkswagen biasa.

Biasanya, Volkswagen Custom 1968 tanpa Sunroof berwarna biru atau aqua. Model yang benar-benar langka berwarna oranye, merah, hijau dan tembaga. Nah kalau mas bro menemukan salah satunya, harganya berkisar US$ 1.500 atau setara dengan Rp 22 juta.

Ini baru posisi 2 sudah mahal banget harganya, apalagi ke-10.

  1. White Enamel Camaro 1968

Berikutnya ada Camaro 1968 berwarna putih enamel. Spesialnya adalah mampu menjawab pertanyaan "model apa yang Hot Wheels pertama buat?". Ya, ini jawabannya. Camaro 1968 berwarna putih enamel atau putih gigi ini adalah model pertama Hot Wheels pertama yang pernah diproduksi dan jarang ditemukan di pasaran. Terlebih lagi, jangan harap menemukannya dalam keadaan masih terbungkus blister. Jika mas bro menemukan model ini, jangan tanya harganya. Kisarannya dibanderol sekitar US$ 2.500 atau setara Rp 37 juta.

  1. Red Baron With White Interior 1970

Red Baron With White Interior 1970 terhitung tidak lebih dari 10 unit eksis di bumi. Uniknya, interior model ini berwarna putih dan tentunya tidak dijual bebas di pasaran. Kabarnya, mobil mainan ini hanya diproduksi sebagai prototipe tanpa tanda striker di helmnya. Ya, model ini dilengkapi dengan helm. Sejarahnya pun menarik, model ini terinspirasi dari pilot tempur Perang Dunia I asal Jerman, Manfred von Richthofen. Nah, pilot ini lebih dikenal dengan nama Red Baron. Disinyalir, harga Red Baron ini tidak kurang dari US$ 3.000 atau setara Rp 44 Juta.

Halaman selanjutnya

  1. Collector Number 271 Funny Car 1995

Sejauh ini, kabarnya model Collector Number 271 Funny Car lansiran 1995 ini hanya ada sebanyak 12 buah saja di seluruh dunia. Hal ini membuatnya mungkin menjadi Hot Wheel paling langka yang diproduksi pada 1990-an. Funny Car ini dirancang di blue print-nya dengan nomor kolektor "271". Hingga 2019 ini, diketahui hanya ada enam dari mobil kolektor bernomor kolektor "271" tahun 1995. Akibatnya, estimasi harganya bisa mencapai sekitar US$ 3.500 atau setara dengan Rp51 juta.

  1. Ed Shaver Custom AMX 1970

Custom AMX tersedia secara eksklusif di Inggris. Menurut berita dari media Eropa, model Hot Wheels ini hanya diproduksi dengan warna biru dan awalnya dijual sebagai bagian dari "Seri Mobil Balap Eksklusif". Lantas apa yang membuat model ini berharga? Ternyata sebuah stiker bisa mengubah segalanya, mas bro. Imbas dari tersematnya stiker Ed Shaver di model Custom AMX, mainan ini punya harga nggak masuk akal. Shaver sendiri adalah seorang prajurit Amerika Serikat yang berbasis di Inggris dan Mattel (selaku produsen Hot Wheels) mensponsori karir balap drag-nya. Hingga 2019, kabarnya hanya ada beberapa model Ed Shaver Custom AMX 1970 yang beredar saat ini. Kalau tanya harga, angkanya sudah menyentuh sekitar US$ 4.000 atau setara Rp 59 juta, mas bro.

  1. “Mad Maverick” Base Mighty Maverick 1970

Di posisi ke tujuh ada mobil “Mad Maverick” Base Mighty Maverick 1970. Asal tahu aja ya mas bro, model Hot Wheels ini jadi langka cuma karena tersematnya kata "Mad" alias "gila". Nama aslinya sendiri adalah Mad Maverick, tetapi segera dikemas ulang sebagai Mighty Maverick. Sampai sekarang, hanya ada lima edisi Mad Maverick yang diketahui masih eksis di atas bumi ini. Di antaranya dua berwarna biru, satu berwarna ungu dan satu lagi yang belum dirakit tanpa warna yang ditetapkan. Lebih gilanya lagi, harga model Hot Wheels ini sudah tidak ada taksirannya.

  1. Blue Rodger Dodger 1974

Model Rodger Dodger adalah Hot Wheels mobil muscle standar. Mungkin kalau mas bro cari bisa mendapatkan yang berwarna merah, kuning dan ungu. Tapi untuk yang berwarna biru buatan tahun 1970 ini cuma dibuat tujuh unit saja. Harganya ditaksir berkisar US$ 8.000 atau Rp 118 juta. Hmm ... ini harganya sudah nyaingi mobil LCGC.

  1. “Cheetah” Base Python (Hong Kong Base) 1968

"Cheetah" Base Python 1968 dinamai lantaran logam untuk basis buatan Hong Kong terdapat kesalahan. Satu masalah yang membuatnya sangat langka? Mobil ini sekarang dikenal sebagai Python dan berbagi nama dengan Corvette Bill Corvette karya GM Executive model 'Cobra Killer'. Akibatnya, hanya beberapa yang dibuat sebelum perubahan nama dan semuanya dibuat dengan warna merah. Hanya sedikit yang ditemukan dan model ini dihargai hingga US$ 10.000 atau Rp 148 juta, bahkan bisa lebih.

  1. Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb 1969

Model terakhir dari 10 Hot Wheels termahal adalah Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb lansiran 1969. Unit ini cuma satu di dunia dan dimiliki Bruce Pascal, seorang kolektor Hot Wheels terbesar. Model ini tidak pernah dibuat untuk produksi massal karena mobil itu dianggap terlalu sempit untuk berfungsi dan cocok dengan Hot Wheels Super Charger. Akibatnya, seluruh model ini dibuang oleh Mattel. Pascal dilaporkan membeli Hot Wheel ini dengan harga US$ 72.000 atau setara dengan Rp 1 miliar.

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR